ABSTRAK :
ABSTRAK
Pesawat Grob G120TP-A merupakan pesawat latih yang ber-engine tunggal dengan jenis turbo propeller. Jenis engine tersebut adalah Roll Royce 250-B17F. Oil system pada engine ini berfungsi untuk menyuplai oil sesuai yang dibutuhkan, yang diukur dari tekanan, temperature, dan laju aliran oil. untuk melakukan sistem pelumasan dry-sump lubrication system, dimana oil tank terletak pada airframe yang ditempatkan di mounting engine. Pesawat Grob G120TP-A mempunyai special inverted flight oil system yang didesain agar pelumasan pesawat tetap bekerja dengan baik secara normal saat pesawat terbang pada posisi inverted. Dalam kurun waktu tahun 2016 sampai 2020, ditemukan kegagalan pada oil system sebanyak 88 kali. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dan menggunakan metode fault tree analysis untuk mendapatkan penyebab kegagalan terjadinya Over Temperature Oil System Pada Pesawat Grob G 120 Tp-A. Pada metode ini digunakan untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya kegagalan.
Hasil analisis dengan metode fault tree analysis dengan top event over temperature oil system diperoleh 5 intermediate event dan 12 basic event, serta komponen yang paling sering mengakibatkan terjadinya over temperature oil system adalah oil filter.
Kata kunci: Fault Tree Analysis, Oil System, Kegagalan, G120TP-A
|