© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERBEDAAN COATING PADA BAJA ASTM A36 TERHADAP LAJU KOROSI
Penulis
PRADHIPTA UTAMA
Pembimbing : R.Nur Akhmad Triwibowo, S.T., M.Eng. - Ir. Sudarmanto, M.T.

ABSTRAK :
ABSTRAK Korosi adalah suatu reaksi oksidasi antara material dengan lingkungannya yang mengakibatkan terkikisnya material yang bisa membuat kerusakan pada material. Pengendalian korosi paling ekonomis dan efesien adalah pelapisan material atau Coating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi coating yang lebih baik untuk menahan dari percepatan laju korosi pada media air laut, sungai dan hujan. Penelitian ini menggunakan metode kehilangan massa yang dimana berat awal dikurangi dengan berat akhir. Hasil pengujian laju korosi menunjukan bahwa pada media air laut, coating Zinc Cold Galvanize memiliki nilai laju korosi sebesar 0,00035 mpy, pada coating Bodelac 2 – in – 1 sebesar 0,00023 mpy dan coating Envy cat dasar anti karat sebesar 0,00094 mpy. Pada media air sungai, coating Zinc Cold Galvanize memiliki nilai laju korosi sebesar 0,00031 mpy, pada coating Bodelac 2 – in – 1 sebesar - 0,00060 mpy dan coating Envy cat dasar anti karat sebesar - 0,00020 mpy. Pada media air hujan, coating Zinc Cold Galvanize memiliki nilai laju korosi sebesar 0,00059 mpy, pada coating Bodelac 2 – in – 1 sebesar - 0,00055 mpy dan coating Envy cat dasar anti karat sebesar - 0,000001 mpy. Dari keseluruhan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa variasi coating bodelac 2 – in – 1 lebih baik untuk menahan dampak dari laju korosi. Kata Kunci – Coating, Korosi, Air laut, Air Sungai, Air Hujan.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PRADHIPTA UTAMA
NIM : 17040003
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024