ABSTRAK :
ABSTRAK
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE BCG DAN SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DIMASA PANDEMI COVID-19
(STUDI KASUS DI CV. Luciffer Inc)
Oleh:
Nur Hanida Rizki Kurniawan
Dalam persaingan industri yang semakin ketat dewasa ini mengakibatkan setiap industri dituntut untuk mampu bersaing dan mampu mengikuti persaingan sehingga mendorong industri tersebut untuk tumbuh dan berkembang. Dari keadaan itu timbul suatu konsep strategi perusahaan yang telah memberikan suatu prospektif baru didalam manajemen perusahaan atau organisasi secara umum. Konsep ini memandang bahwa kelansungan hidup suatu perusahaan dipengaruhi dalam hal menerapkan keputusan dan kebijaksanaan strateginya.
Dalam penyusunan rencana bisnis atau tepatnya pada perencanaan suatu strategi perlu melakukan langkah-langkah manajemen strategi. Hal ini berarti bahwa kita harus membuat keputusan sekarang mengenai apa yang harus dan akan kita lakukan dimasa yang akan datang. Masa yang akan datang tidak dapat diketahui secara pasti, hanya kebanyakan dapat diprediksikan dengan melihat perubahannya. Tetapi banyak pula yang tidak diprediksikan kita harus melihat kedalam dan keluar untuk mengumpulkan informasi.
Agar penelitian ini sesuai dengan tujuan yang ingin didapatkan maka dapat disimpulkan diantaranya, harus mengetahui Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki CV. Luciffer Inc dari factor internal dalam menjalankan strategi pemasaran, Peluang dan ancaman yang dihadapi CV. Luciffer Inc dari faktor ekternal dalam menjalankan strategi pemasaran, Pangsa pasar relatif produk CV. Luciffer Inc bernilai 0,48 hal ini menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan oleh CV. Luciffer Inc memiliki pangsa pasar relatif yang rendah dari pesain (CV. Chester) karena berada pada titik kurang dari 0,5. Usulan strategi pemasaran yang sebaiknya dilakukan oleh CV. Luciffer Inc disaat masa pandemi dengan melakukan pemasaran dengan digital marketing, mengadakan promo-promo yang menarik di setiap bulannya, menawarkan produk yang bervariasi dan harga yang terjangkau, mengiklankan dengan menggunakan influencer untuk mendapatkan engagement dari konsumen yang ada di media sosial,
Kata Kunci: Pemasaran, Covid-19, Strategi Pemasaran, Perencanaan Strategi
|