© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENANGANAN DAN ANALISIS NO FLAME SHUTDOWN PADA AUXILIARY POWER UNIT (APU) PESAWAT B737-800 NG PT. SRIWIJAYA AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
ASHAR MIFTACH AL KHAFIDZ
Pembimbing : C.Sukaca B., S.T., M.T. - Agung prakosa, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Auxiliary Power Unit (APU) merupakan suatu gas turbine engine, yang menghasilkan tenaga pneumatic dan electric pada pesawat. Tenaga pneumatic yang dihasilkan APU sebesar 40 psi dengan suhu 3900F hingga 4400F, sedangkan tenaga electric yang dihasilkan sebesar 115v AC 400 Hz 3 phase. Tenaga pneumatic berfungsi untuk membantu proses starting engine pada pesawat dan untuk pengoprasian ac pack yang berfungsi seagai pengatur tekanan udara dan suhu di kabin pesawat, sedangkan tenaga electric digunakan untuk lighting system dan komponen yang berada di control panel. Dalam penelitian ini, metode yang dilakukan dengan cara melihat kejadian secara lansung untuk mengamati dan menganalisis penanganan perawatan pesawat Boeing 737-800NG Sriwijaya Air di Line Maintenance Bandar Udara Soekarno Hatta. Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode fault tree analysis untuk mendapatkan penyebab terjadinya No Flame Shutdown pada APU Boeing 737-800NG Sriwijaya Air. Hasil dari penelitian tentang permasalahan No Flame Shutdown pada APU Boeing 737-800NG Sriwijaya Air adalah terjadi crack dan burn pada Igniter Plug. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan melaksanakan penggantian Igniter Plug mengacu pada AMM Boeing 737-800NG task 49-41-51. Dengan menggunakan metode fault tree analysis, terkait dengan permasalahan No Flame Shutdown pada APU diperoleh 27 basic even. Kata Kunci: No Flame Shutdown, Auxiliary Power Unit, Boeing 737-800NG


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ASHAR MIFTACH AL KHAFIDZ
NIM : 18060040
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024