© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN BANDAR UDARA A. A. BERE TALLO ATAMBUA DENGAN METODE IPA DAN CSI
Penulis
ROGER BENYAMIN GEORGE ASA
Pembimbing : Prasidananto Nur S., S.T., M.Sc - Riani Nurdin, S.T.,MSc

ABSTRAK :
ABSTRAK Pelayanan merupakan faktor yang penting dalam industri jasa penerbangan, karena dengan pelayanan yang kurang maksimal akan mengurangi kepuasan konsumen dan akan mengurangi jumlah konsumen yang menggunakan jasa transportasi udara. Bandar Udara A. A. Bere Tallo Atambua sebagai unit penyelenggara pelayanan jasa kebandarudaraan dan sedang dalam pengembangan dalam segi pelayanan. Dalam penyelenggaraan pelayanan, masih terdapat atributatribut yang perlu diperbaiki atau dalam kinerjanya masih dianggap kurang memuaskan oleh pengguna Bandar Udara A. A. Bere Tallo Atambua. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada penumpang, Ground staff maskapai dan Tenant kemudian dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode IPA untuk mengetahui nilai tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dengan tingkat kepuasan yang kemudian di plotting ke Diagram Kartesius dan metode CSI untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan menggunakan IPA diketahui bahwa, responden penumpang memiliki rata-rata tingkat kesesuaian atribut sebesar 92,84% dan pada Kuadran I Diagram Kartesius dari 20 atribut, terdapat 4 atribut yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki. Responden Ground staff maskapai memiliki rata-rata tingkat kesesuaian atribut >100% dan pada Kuadran I Diagram Kartesius dari 20 atribut, terdapat 5 atribut yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki. Responden Tenant memiliki rata-rata tingkat kesesuaian atribut >100% dan pada Kuadran I Diagram Kartesius dari 20 atribut, terdapat 6 atribut yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki. Hasil perhitungan dengan metode CSI, nilai kinerja ataupun pelayanan yang telah dilakukan oleh pihak Bandar Udara terhadap penumpang ialah sebesar 86,26%, terhadap Ground staff Maskapai sebesar 89,89% dan terhadap Tenant sebesar 89,05% dan nilainilai indeks dari masing-masing pengguna tersebut masuk dalam kriteria Sangat Puas yang berarti secara keseluruhan, pengguna menyatakan sangat puas terhadap pelayanan di Bandar Udara A. A. Bere Tallo Atambua. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ROGER BENYAMIN GEORGE ASA
NIM : 18020028
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024