ABSTRAK :
Pergerakan penumpang di bandar udara Adisutjipto Yogyakarta pasti akan meningkat pada, setiap bulan, ataupun setiap tahunnya, namun seiring meningkatnya pergerakan di bandar udara pelayanan penumpang juga harus dioptimalkan agar tidak terjadi penumpukan dan antrian penumpang di bandar udara tersebut. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan maka penumpukan dan antrian tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan perhitungan antrian serta menggunakan software arena untuk mensimulasikan pergerakan dan antrian yang terjadi di bandar udara tersebut.
Skripsi ini dengan judul "Pemodelan Pergerakan Penumpang di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Menggunakan Software Arena". Langkah - langkah yang perlu diambil untuk proses simulasi ini adalah membuat blok simulasi pergerakan penumpang di terminal dengan software ARENA dan nantinya akan dianalisis setiap penumpang yang mengantri pada counter check-in pada setiap maskapai penerbangan, disini penulis hanya mengambil tiga contoh maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air, dan dari setiap maskapai diambil 70 sample data untuk dianalisis. Waktu pengambilan data tersebut selama 3 hari yaitu pada hari senin, selasa, dan rabu, yang bukan pada jam sibuk ( peak hour )
Dengan adanya pemodelan pergerakan penumpang ini maka penulis dapat mengetahui berapa antrian yang terjadi di setiap counter check-in, dan waktu menunggu untuk dilayani. Adapun waktu lama mengantri penumpang pada setiap maskapai adalah untuk maskapai lion lama mengantri di counter check-in adalah 10,5 menit, sriwijaya air 12 menit, dan garuda indonesia 7,5 menit.
.
Kata Kunci : Pergerakan penumpang, Simulasi, Sistem Antrian
|