ABSTRAK :
ANALISIS BEBAN STRUKTUR LANDING GEAR PADA PESAWAT GROB G120TP-A
Ditulis oleh:
MUHAMMAD BIMO SANTOSO
18040040
Pembimbing 1: Benedictus Mardwianta, S.T., M.T. .Pembimbing 2: Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T.
ABSTRAK
Landing gear merupakan salah satu komponen penting dalam struktur pesawat dan berfungsi menahan beban pesawat saat berada di darat dan karakteristik landing yang berbeda sesuai dengan karakteristik pesawat tersebut. Pesawat Grob G120TP-A menggunakan landing gear jenis โRetractable Tricycle Landing Gearโ 1 nose landing gear dan 2 main landing gear. Dengan bentuk tricycle diharapkan pesawat lebih stabil saat di ground dan mampu menyerap landing loads dan ground handling yang kuat. Untuk mengetahui batas kekuatan struktur landing gear harus dilakukan analisis struktur.
Pada analisis beban landing gear telah dilakukan beberapa hal seperti melakukan seleksi pemilihan posisi c.g pada pesawat, analisa penetapan berat landing gear, dan analisa dinamika landing gear dengan metode pengumpulan data, metode pustaka, dan metode wawancara. Posisi c.g pesawat untuk koordinat XT ialah 3,57 m serta koordinat YT adalah 1,48 m. Jarak antara c.g ke landing edge sepanjang MAC (XTO) adalah 0,09 m. Jarak vertikal c.g dengan MAC (YTO) adalah 1,08 m. Untuk penetapan posisi c.g dalam persen MAC (๐ฬ
๐๐) adalah 6,48 % MAC
serta (๐ฬ
๐๐) adalah 77,81 % MAC dengan Hc.g yaitu 1,36 m sedangkan HNLG adalah
0,23 m dan HMLG yaitu 1,30 m. Hasil analisis pembebanan pada landing gear
pesawat dalam keadaan statik dan dinamika adalah: Pmmax 7123,71 N, Pnmax 4484,83 N, Pnmin 988,45 N, Pndyn 7635,04 N, dan Pmdyn 11239,38 N. Hasil analisis dinamika berat pesawat saat landing adalah 1440 kg, sehingga energi kinetik yang direndam pesawat ketika touchdown adalah 1834,86 joule, Pdyntire 12390,78 N, Sn -44,75 m, Sm -41,59 m.
Kata kunci: landing gear, pesawat Grob G120TP-A, Mean Aerodynamic Chord, beban statis, beban dinamik
|