STUDI KEKUATAN UJI BENDING SKIN SAYAP PESAWAT
UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) FLYING WING
MENGGUNAKAN KOMPOSIT SERAT KARBON KEVLAR
DAN RESIN EPOXY DENGAN METODE VACUUM BAGGING |
Penulis ADITYA EKAPUTRA PURNOMO
Pembimbing : Dedet Hermawan S., S.T., M.T. - Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T
|
ABSTRAK :
Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) saat ini penggunaannya sangat banyak pada operasi militer ataupun industri sipil (seperti untuk pertanian). Untuk dapat mengangkat beban maksimum agar dinilai lebih ekonomis dalam penggunannya, struktur pesawat harus mendukung hal ini.
Penggunan dan pengujian terhadap berbagai macam campuran komposit telah dilakukan, pada penelitian ini menggunakan komposit campuran serat karbon kevlar untuk kulit (skin) bagian sayap pesawat. Dimana dilakukan pengujian bending untuk mendapatkan beban maksimum yang dapat diterima oleh spesimen. Perhitungan nilai defleksi maksimum juga dilakukan untuk mendapatkan nilai regangan maksimum. Penelitan ini dilakukan menggunakan 3 variasi campuran resin dan kevlar dimana dari setiap variasi terdiri dari 3 spesimen.
Hasil dari penelitian ini adalah dari ketiga variasi fraksi volume didapatkan hasil uji bending berupa, spesimen dengan variasi fraksi volume resin epoxy 80% : serat karbon kevlar 20% mengalami break sebelum adanya peregangan (yielding) pada saat pemberian beban. Untuk spesimen dengan variasi fraksi volume resin epoxy 70% : serat karbon kevlar 30% mengalami kondisi peregangan (yielding) sebelum terjadinya break pada spesimen ketika pemberian beban. Spesimen dengan variasi fraksi volume resin epoxy 50% : serat karbon kevlar 50% ketika pemberian beban spesimen mengalami kondisi yielding sebelum akhirnya spesimen mengalami break.
Kata kunci : serat karbon kevlar, uji bending, nilai defleksi maksimum.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ADITYA EKAPUTRA PURNOMO |
|
NIM |
: 15040040 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|