© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENUNJANG PROMOSI PRODUK UNGGULAN DAN OBJEK WISATA KECAMATAN PATUK GUNUNGKIDUL
Penulis
ERSA ELFIYANTO
Pembimbing : Astika Ayuningtyas, S.Kom., M.Cs - Anggraini Kusumaningrum, S.Kom., M.Cs.

ABSTRAK :
PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENUNJANG PROMOSI PRODUK UNGGULAN DAN OBJEK WISATA KECAMATAN PATUK GUNUNGKIDUL Oleh Ersa Elfiyanto 15030050 INTISARI Produk unggulan dan objek wisata adalah salah satu hal yang dapat menunjang kualitas dan kuantitas ekonomi masyarakat Kecamatan Patuk Gunungkidul, oleh karena itu diperlukan media promosi yang lebih menarik untuk menarik lebih banyak konsumen dan para wisatawan dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality mampu memberikan informasi menjadi lebih menarik dengan menggabungkan benda maya 2D ataupun 3D ke dalam lingkungan nyata. Dengan berbasis sistem operasi android, aplikasi PatukMapAR dapat dibuat. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity dan juga Vuforia dalam pembuatan marker, sedangkan untuk pembuatan model 3D mengguakan software Blender yang kemudian dibangun di Unity untuk selanjutnya menjadi aplikasi yang utuh. Pengujian yang dilakukan terhadap marker yang terdapat pada layar monitor dilakukan dengan menggunakan tingkat kecerahan yang berbeda, jarak pengambilan marker, posisi pengambilan marker, dan menggunakan beberapa device smartphone yang yang berbeda. Hasil pengujian marker pada tingkat kecerahan layar monitor menunjukkan bahwa aplikasi PatukMapAR dapat mendeteksi marker pada tingkat kecerahan layar yang rendah. Pengujian dengan jarak pengambilan marker menunjukkan bahwa jarak yang paling baik untuk pendeteksian marker yaitu pada jarak 100 cm sampai 150 cm. Hasil dari pengujian dengan posisi pengambilan marker menunjukkan bahwa pengambilan yang paling baik yaitu dari posisi depan akan tetapi aplikasi PatukMapAR dapat mendeteksi marker dari posisi samping yang tidak kurang dari 45 derajad dengan jarak kurang lebih satu meter pada mayoritas device smartphone serta dapat mendeteksi marker yang terhalangi hingga 70%. Kata kunci: Augmented Reality, marker, 3D, AR, ITDA.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ERSA ELFIYANTO
NIM : 15030050
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022