© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH COMPRESSOR PRESSURE RATIO TERHADAP SPECIFIC THRUST DAN SPECIFIC FUEL CONSUMPTION ENGINE TURBOFAN GE90-85B PADA KONDISI CRUISING
Penulis
ILHAM MUHAMAD ALWI TAMIMI
Pembimbing : Dedet Hermawan S., S.T., M.T. - Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng.

ABSTRAK :
ANALISIS PENGARUH COMPRESSOR PRESSURE RATIO TERHADAP SPECIFIC THRUST DAN SPECIFIC FUEL CONSUMPTION ENGINE TURBOFAN GE90-85B PADA KONDISI CRUISING Ditulis oleh: ILHAM MUHAMAD ALWI T NIM. 15040088 Pembimbing 1 : Dedet Hermawan S., S.T., M.T. Pembimbing 2 : Dr. Okto Dinaryanto, S.T ., M.M., M.Eng. ABSTRAK Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin gas. Kompresor adalah alat mekanik yangberfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida, yaitu udara. Kompresor dibagimenjadi dua yaitu low pressure compressor dan high pressure compressor. Pada engine pesawat terbang, kompresor digunakan untuk meningkatkan tekanan udara yang akan dibakar di dalam combustion chamber. Tujuan peningkatan tekanan adalah untuk meningkatkan efisiensi pembakaran, sebab pada saat pesawat udara beroperasi yaitu terbang di ketinggian terbang cruising maka temperatur udaranya sangat rendah sehingga sangat sulit untuk di lakukan pembakaran. Oleh karena itu peningkatan atau penurunan compressor pressure ratio akan berpengaruh pada performa engine pesawat udara yakni specific thrust dan specific fuel consumption. Salah satu cara untuk mengetahui pengaruh compressor pressure ratio terhadap specific thrust dan specific fuel consumption dapat di lakukan dengan metode parametric cycle analysis of real engine pada kondisi cruising, kemudian menganalisa nilai hasil perhitungan yang di dapat dengan inputan variasi compressor pressure ratio yang berbeda. Pada hasil analisa perhitungan performa diperoleh hasil engine GE90-85B kondisi cruising 35000 feet didapatkan hasil specific thrust sebesar sebesar 14,2011 lbf/(lbm/s), specific fuel consumption sebesar 0,5838 (lbm/h)/lbf, efisiensi thermal sebesar 38,3 %, efisiensi propulsive 76%, dan efisiensi overall 29,4%. Nilai performance engine diketahui mengalami penurunan dan kenaikan seiring meningkatnya dan menurunnya variasi nilai dari parameter yaitu compressor pressure ratio, sehingga apabila nilai dari parameter tersebut semakin besar, maka konsumsi fuel pada saat pesawat beroperasi akan menjadi lebih sedikit dan thrust akan mengalami penurunan. Kata kunci: compressor pressure ratio, specific thrust, specific fuel consumption.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ILHAM MUHAMAD ALWI TAMIMI
NIM : 15040088
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024