ABSTRAK :
ANALISIS KEGAGALAN KOMPONEN AIRFRAME FUEL SYSTEM
PADA PESAWAT KT-1B WOONG BEE MENGGUNAKAN METODE
FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA)“
Itmamul Faizin
17050068
Abstrak
Perawatan pesawat adalah hal yang harus dilakukan pada seluruh sistem
pesawat terbang, perawatan harus dilakukan karena setiap komponen mempunyai
reliability dan batas usia tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
analisis dari penyebab kegagalan yang terjadi pada komponen airframe fuel
system pada pesawat KT-1B Woong Bee. Data yang digunakan berupa buku
harian perawatan dari Skadron Teknik 043 pada periode tahun 2020-2021.
Metode yang digunakan adalah metode Failure Mode and Effect Analysis
(FMEA), Logic Tree Analysis (LTA) dan penentuan nilai Risk Priority Number
(RPN). Langkah pertama adalah mengidentifikasi kegagalan pada tiap komponen.
Setiap modus kegagalan dan efek kegagalan yang terjadi pada tiap komponen
dijabarkan kedalam tabel FMEA. Setelah itu dilakukan analisis Risk Priority
Number dengan melihat tingkat keparahan (Saverity), tingkat kejadian
(Occurrence) dan tingkat deteksi (Detection) dari tiap komponen.
Tingkat resiko kegagalan yang terjadi, semua komponen - komponen pada
airframe fuel system memiliki nilai tingkat resiko sedang yaitu pada delivery jet
pump, transfer jet pump, acrobatic tank, booster pump, dan fuel filter element.
Dengan nilai RPN masing – masing yaitu delivery jet pump, transfer jet pump,
booster pump dan fuel filter element dengan nilai 144. Serta acrobatic tank
dengan nilai RPN 108.
Kata kunci : Airframe fuel system, , FMEA, RPN, KT-1B
|