© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS AERODINAMIKA PADA AIRFOIL NACA M15 DENGAN PARAMETER GROUND EFFECT MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS
Penulis
MUHAMMAD FAUZAN HARYADI
Pembimbing : Bahrul Jalaali, S.T., M.Eng. - Dedet Hermawan S, ST., MT.

ABSTRAK :
ANALISIS AERODINAMIKA PADA AIRFOIL NACA M15 DENGAN PARAMETER GROUND EFFECT MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS Ditulis oleh : Muhamad Fauzan Haryadi NIM : 18040064 Pembimbing 1 : Bahrul Jalaali, S.T., M.Eng. Pembimbing 2 : Dedet Hermawan S, ST., M.T. ABSTRAK Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki permasalahan krusial mengenai aspek transportasi antar pulau yang penting dikaji. Wing-in-ground (WIG) craft merupakan satu solusi sistem transportasi penghubung antar pulau karena memiliki mobilitas yang lebih baik dari kapal dan operasional yang lebih murah dari pesawat. Sehingga, kajian mengenai peforma WIG craft perlu dilakukan untuk mengetahui aspek kecocokan implementasi WIG craft. Pada penelitian ini dikaji pengaruh perubahan angle of attack terhadap ketinggian WIG craft pada airfoil M15. Kajian berbasis komputasi dinamika dilakukan untuk mendapatkan hasil nilai dari ketinggian dan angle of attack yang divariasikan. Parameter variasi ketinggian yang dikaji pada rentang 0,5c hingga unbound dengan variasi angle of attack sebesar 0o hingga 18o. Kecepatan udara diatur pada 28 m/s dan panjang chord(c) 1 m. Pendekatan turbulent berbasis S-A dipilih dalam observasi aliran turbulen pada airfoil. Selanjutnya, validasi dan grid study juga dilakukan untuk memastikan keabsahan hasil dari penelitian ini. Dari hasil validasi dengan eksperimen didapatkan error sebesar 24,92% dan 3,00% untuk CL dan CD pada jumlah mesh paling optimum sebesar 311121. Pada variasi sudut serang didapatkan nilai CL paling tinggi pada sudut serang 16o dan di ketinggian unbound. Hasil tersebut jika dibandingkan dengan nilai CL pada 0,05c, memiliki penurunan nilai CL sebesar 52,03%. Di sisi lain, nilai CD terendah didaptkan pada sudut serang 2o di ketinggian unbound. Jika dibandingkan dengan kondisi pada 0,05c, nilai CD mengalami penurunan sebesar 15,06%. Hasil penelitian ini memiliki kesesuaian dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Terlebih, penelitian ini ke depan akan bermanfaat dalam pertimbangan perancangan dan pemilihan airfoil pada WIG-craft. Kata kunci: ground effect, NACA M15, coefficient of lift, coefficient of drag, computational fluid dynamics


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD FAUZAN HARYADI
NIM : 18040064
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024