ABSTRAK :
PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN
UNTUK DISEMINASI INFORMASI
PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD)
(STUDI KASUS: KOTA JOGJA)
Oleh
Friska Ayu Dhawara
16030051
INTISARI
Kualitas layanan masyarakat perlu ditingkatkan menggunakan teknologi yang ada guna mendukung perkembangan konsep Smart City. Sebuah layanan dikatakan baik jika persepsi atas layanan sesai dengan harapan penggunanya. Kepuasan pengguna dapat dinilai dari respond yang diberika setelah pengguna memakai sebuah layanan. Dalam rangka mendukung Jogja Smart City, dilakukan peningkatan kualitas layanan diseminasi informasi berita pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Yogyakarta. Layanan yang bersifat manual diubah menjadi bentuk digital sehingga mempermudah pengguna layanan. Metode self-report digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kualitas layanan yang telah dilakukan. Keberhasilan peningkatan layanan diseminasi informasi berita diukur berdasarkan kepuasan pengguna melalui sebuah penelitian. Metode yang digunakan adalah analisis statis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan bantuan SPSS 26. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan diseminasi informasi pada OPD berhasil dilakukan. Pengguna merasa puas dengan layanan aplikasi Berita Jogja. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi yang signifikan (nyata), cukup kuat, dan searah. Hubungan ini menghasilkan dampak positif yang dibuktikan dengan hasil uji regresi dengan nilai signifikan sebesar 0,000.
Kata Kunci: Peningkatan Kualitas Layanan, Diseminasi Informasi, Smart City, Kepuasan Pengguna, Statistik Non Parametrik
|