ABSTRAK :
ABSTRAK
Verdinanda Medon. 2022. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Dan Harga Terhadap
Kesetiaan Pelanggan Pada Industri Penerbangan Domestik Dengan Menggunakan Sistem Low Cost
Carrier Dan Metode Regresi Linear Berganda (Studi Kasus: PT. Citilink Indonesia-Bandar Udara
Internasional Yogyakarta).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kesetiaan pelanggan pada maskapai penerbangan Citilink, (2) pengaruh harga terhadap kesetiaan
pelanggan pada maskapi penerbangan Citilink, dan (3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga
terhadap kesetiaan pelanggan pada maskapi penerbangan Citilink. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
data primer dan data sekunder derngan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
kuisioner, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang pemilihan sampel
menggunakan metode sampling accidental. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji validitas
data ialah pearson correlation sedangkan uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach,
uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan metode Kolmogorov- Smirnov, uji multikolinieritas
menggunakan metode colliniearity statistics, dan uji heteroskedastisitas dalam penelitian ini
menggunakan metode grafik plot, sedangkan uji hipotesis ini dilakukan dengan regresi linear
berganda. Dari hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan pada maskapi penerbangan
Citilink. Secara persial kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada
maskapi penerbangan Citilink. Variabel kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi signifikan
secara simultan terhadap kesetiaan pelanggan pada maskapi penerbangan Citilink sebesar 0,725 atau
72,50% .
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kesetiaan Pelanggan, Low Cost Carrier.
|