ABSTRAK :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja yang menjadi indikator pengukuran kinerja di perusahaan PT. Balikpapan Ready Mix Cabang Palu dan bagaimana hasil akhir mengenai pengukuran kinerja yang dilakukan di perusahaan tersebut, serta mengklasifikasikan pengukuran tadi untuk dicari tahu apakah sudah sesuai dengan target perusahaan atau belum.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Human Resources Scorecard (HRSC) yang dipakai untuk menentukan 4 perspektif yang dipakai yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Analytical Hierarchy Process (AHP) yang dipakai untuk menentukan bobot prioritas dari 4 perspektif. Penelitian ini menggunakan beberapa data yang diambil dari perusahaan itu sendiri, menyebarkan kuesioner dan berdiskusi bersama HRD Perusahaan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bobot tertinggi dalam penentuan bobotnya terdapat di perspektif keuangan dengan bobot sebesar 0,406. Terdapat 10 sasaran strategis yaitu meningkatkan kesejahteraan, produktivitas, komitmen, kedisiplinan karyawan, proses kepemimpinan, ketepatan delivery, pelestarian lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, komunikasi antar karyawan, serta pengembangan sumber daya manusia. Didapatkan bahwa dari 13 indikator pengukuran kinerja yang digunakan dalam penelitian hanya 4 ukuran hasil yang mencapai target perusahaan dan dikategorikan dengan warna hijau, 7 diantaranya belum terpenuhi dan masih dikategorikan dengan warna kuning dan 2 diantaranya masih dikategorikan dengan warna merah yang berarti masih jauh dari target perusahaan.
Kata Kunci : Human Resources Scorecard, Human Resources Scorecard, Key Performance Indicator, Traffic Light System.
|