ABSTRAK :
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN DESA WISATA GUNUNGKIDUL BERBASIS AUGMANTED REALITY
Oleh:
Setyadi
1630062
INTISARI
Adanya pandemi COVID-19 saat ini mengakibatkan masyarakat sulit untuk berkunjung kebeberapa tempat wisata yang ada di Gunungkidul. Penyebabnya adalah adanya keputusan pemerintah tentang pembatasan wilayah dibeberapa kota guna mencegah penularan COVID-19. Sehingga masyarakat diharuskan untuk tetap dirumah dari pada berpergian keluar dari rumah (Bascha et al., 2020). Berkat adanya kerja sama antara pihak Gunungkidul dengan Institut Teknolgi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta (ITDA), yaitu perguruan tinggi swasta tempat penulis menimbah ilmu. Maka penulis diarahkan untuk membantu mengenalkan tempat wisata yang ada di Gunungkidul. Salah satu cara untuk mengenalkan tempat wisata tersebut, penulisan memanfaatkan teknologi Augmanted Reality untuk mengenalkan beberapa wisata yang ada di Gunungkidul. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle, dimana metode ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution dengan menggunakan jenis AR Marker Based Augmented Reality. Marker based AR ini sering disebut pengenalan gambar yang biasanya membutuhkan objek visual khusus dan kamera untuk memindainya. Berdasarkan hasil pengujian dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Perancangan dan implementasi dari aplikasi pengenalan wisata Gunungkidul menggunakan augmanted reality berjalan dengan baik, terbukti dari komentar user yang menyatakan apliaksinya mudah dipahami dan digunakan. Hasil dari perancangan aplikasinya berupa augmanted reality desa wisata Gunungkidul sangat membantu untuk mengenalkan desa wisata yang ada di Gunungkidul. Aplikasi berjalan baik di versi android 9.
Kata Kunci : Augmanted Reality, Desa Wisata, Gunugkidul, Android
|