© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN COMPRESSOR PRESSURE RATIO DAN BYPASS RATIO TERHADAP KINERJA TURBOFAN ENGINE
Penulis
ANTONIUS JEKSON
Pembimbing : Ir. Suyitmadi, M.T. - Dedet Hermawan S., S.T., M.T,

ABSTRAK :
Untuk menghasilkan thrust yang besar, tenaga pesawat terbang dipengaruhi oleh tiga komponen utama di dalam engine antara lain kompresor, combustion chamber, dan turbin. Ketiga komponen tersebut menitikberatkan pada kompresor karena kompresor adalah kunci dari performance suatu engine. Selain itu, peningkatan thrust dapat dilakukan dengan cara penambahan fan dan bypass. Oleh karena itu, penulisan ini mengacu pada compressor pressure ratio dan bypass. Subjek dalam penelitian ini adalah turbofan engine dengan dual axle (poros ganda) dan exhaust terpisah. Parameter input yang digunakan adalah semua parameter saat terbang jelajah yang mengacu pada international standard atmosphere serta data input yang didapat berdasarkan literatur buku-buku dan sumber-sumber yang relevan. Perhitungan dalam penulisan ini menggunakan program Microsoft Office Excel dengan faktor compressor pressure ratio (CPR) dan bypass ratio (B) sebagai variabel. Kemudian, dilakukan analisis terhadap kinerja turbofan engine yang dibatasi pada besaran efisiensi propulsive, efisiensi termal, thrust spesifik (Fs), efisiensi overall, dan specific fuel consumption (SFC). Dari hasil analisis peningkatan compressor pressure ratio dan bypass ratio; thrust spesifik, pemakaian bahan bakar spesifik (specific fuel consumption), efisiensi propulsive, efisiensi termal, dan efisiensi overall mengalami perubahan. Pada peningkatan compressor pressure ratio, thrust spesifik (FS) naik sampai compressor pressure ratio yang optimal dan setelah itu thrust spesifik (FS) turun sedangkan specific fuel consumption mengalami penurunan. Di samping itu, efisiensi propulsive turun sampai compressor pressure ratio yang optimal setelah itu efisiensi propulsive naik. Efisiensi termal dan efisiensi overall mengalami peningkatan. Pada peningkatan bypass ratio; thrust spesifik, efisiensi propulsive, efisiensi termal, dan efisiensi overall mengalami penurunan sedangkan pemakaian bahan bakar spesifik (specific fuel consumption) mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan oleh turunnya nilai thrust spesifik (Fs) akibat peningkatan bypass ratio. Kata kunci: compressor pressure ratio, bypass ratio, thrust spesifik, SFC (specific fuel consumption)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ANTONIUS JEKSON
NIM : 11040032
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024