ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN CHECK-IN MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA |
Penulis MARIA KALISTA BOLENG
Pembimbing : Marni Astuti, S.T., M.T - Esa Rengganis, ST.,MT
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Peningkatan jumlah penumpang pesawat yang terus menerus mengakibatkan terjadinya kepadatan di bandara. Salah satu dampak kepadatan di bandara adalah terpengaruhnya tingkat pelayanan di area Check-In Counter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan penumpang yang melakukan chek-in dan untuk mengetahui jumlah check-in counter yang optimal pada Maskapai Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Yogyakarta.
Setelah pengambilan data, maka dilakukan Uji Distribusi menggunakan software stat-fit promodel, kemudian menentukan sistem kinerja antrian menggunakan metode antrian dengan tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan berdistribusi eksponensial. Rata-rata tingkat kedatangan per jam sebanyak 157 orang dan tingkat pelayanan per jam sebanyak 57 orang. Waktu menunggu yang ditoleransi oleh penumpang ≤ 6,85 menit atau kurang dari 6 menit 85 detik dengan tidak ada batas minimal waktu menunggu. Sehingga jumlah pelayan sebanyak 7 counter yang melayani check-in penumpang ideal (optimal) karena waktu menunggu penumpang dalam antrian kurang dari ≤ 6,85 menit.
Kata Kunci: Bandar Udara, Check-In Counter, Teori Antrian
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MARIA KALISTA BOLENG |
|
NIM |
: 17020017 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|