© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN CHECK-IN MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA
Penulis
MARIA KALISTA BOLENG
Pembimbing : Marni Astuti, S.T., M.T - Esa Rengganis, ST.,MT

ABSTRAK :
ABSTRAK Peningkatan jumlah penumpang pesawat yang terus menerus mengakibatkan terjadinya kepadatan di bandara. Salah satu dampak kepadatan di bandara adalah terpengaruhnya tingkat pelayanan di area Check-In Counter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan penumpang yang melakukan chek-in dan untuk mengetahui jumlah check-in counter yang optimal pada Maskapai Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Setelah pengambilan data, maka dilakukan Uji Distribusi menggunakan software stat-fit promodel, kemudian menentukan sistem kinerja antrian menggunakan metode antrian dengan tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan berdistribusi eksponensial. Rata-rata tingkat kedatangan per jam sebanyak 157 orang dan tingkat pelayanan per jam sebanyak 57 orang. Waktu menunggu yang ditoleransi oleh penumpang ≤ 6,85 menit atau kurang dari 6 menit 85 detik dengan tidak ada batas minimal waktu menunggu. Sehingga jumlah pelayan sebanyak 7 counter yang melayani check-in penumpang ideal (optimal) karena waktu menunggu penumpang dalam antrian kurang dari ≤ 6,85 menit. Kata Kunci: Bandar Udara, Check-In Counter, Teori Antrian


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MARIA KALISTA BOLENG
NIM : 17020017
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022