© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS DAN DESAIN PHASE LEAD COMPENSATOR PADA PEMODELAN STATE SPACE MOTOR INDUKSI TIGA FASA
Penulis
PUTRI ARYANI
Pembimbing : Paulus Setiawan, S.T., M.T - Ir.Bambang Sudibya, M.T

ABSTRAK :
ABSTRAK ANALISIS DAN DESAIN PHASE LEAD COMPENSATOR PADA PEMODELAN STATE SPACE MOTOR INDUKSI TIGA FASA Oleh: Putri Aryani NIM : 17010008 Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Email: putriaryani654@gmail.com Salah satu bentuk aplikasi motor induksi dalam industri adalah penggunaan motor induksi pada conveyor untuk pengangkutan batu bara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Pada dunia otomotive motor induksi banyak dikembangkan sebagai penggerak pada mobil hybrid, mobil listrik dengan penggunaan pada skala kecil seperti sebagai alat transportasi pariwisata sampai skala mobil mewah. Pengendalian motor induksi tersebut diharapkan dapat mempermudah pengguna untuk mengatur kecepatan motor induksi pada kendali sistem dengan mengubah nilai parameter tertentu tanpa harus melakukan pengaturan secara manual di lapangan. Perubahan nilai tersebut hanya dilakukan melalui tampilan grafis pada komputer. Penelitian ini diawali dengan menghitung parameter-parameter pada motor induksi kemudian memodelkan sistem persamaan motor induksi kedalam bentuk state space. Sistem persamaan state space yang digunakan bertujuan untuk menyederhanakan pemodelan motor induksi yang dijabarkan kedalam sumbu direct dan quadrature (dq) sehingga mudah untuk dianalisis. Selanjutnya melakukan perancangan pada sistem kendali motor induksi dengan penambahan kompensator mendahului (lead compensator) yang bertujuan untuk mempercepat response pada sistem. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah menganalisis nilai-nilai response pada torsi elektromagnetik, kecepatan putaran rotor, dan arus stator yang kesemuanya ini dibandingkan terhadap perubahan waktu. Pada saat pengasutan awal motor induksi dengan lead compensator yang didesain dengan penurunan overshoot sebesar 15%, torsi elektromagnetik yang dihasilkan menjadi lebih tinggi dengan nilai maksimum sebesar 28,33%. Kemudian pada saat motor induksi melayani beban sebesar 50 Nm kecepatan steady state putaran rotor menjadi lebih tinggi 1,9%, tetapi arus stator menjadi 12,95% lebih rendah jika dibandingkan dengan sistem yang didesain pada penurunan overshoot sebesar 10%. Kata Kunci: Motor induksi, state space, lead compensator, direct quadrature


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PUTRI ARYANI
NIM : 17010008
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024