ABSTRAK :
GAME KETAPEL MENGGUNAKAN RUMUS GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN
Oleh
Sahat Samuel Sianipar
16030049
INTISARI
Teknologi mengalami perkembangan dalam berbagai bidang. Salah satu penerapan teknologi adalah simulasi digital. Game ketapel adalah sebuah simulasi game 3D untuk melihat pergerakan bola saat dilepaskan dari ketapel. Simulasi game ini dapat menentukan jarak, waktu dan ketinggian maksimum bola saat dilepaskan dari ketapel hinggah jatuh ketanah. Pemodelan ketapel menggunakan software 3Ds Max serta pembuatan simulasi menggunakan software Unity. Game ketapel dijalankan berbasis desktop dengan menggunakan sistem operasi Windows. Rumus yang digunakan untuk mencari jarak dan ketinggian maksimum bola yaitu rumus GLBB. Hasil pengujian kepada pengguna menunjukan game ketapel dapat menghitung jarak, waktu dan ketinggian maksimum bola dengan inputan berupa kecepatan dan sudut kemiringan. Dengan game ketapel ini diharapkan dapat membantu proses pemahaman simulasi bola ketapel ketika diluncurkan hingga mendarat ketanah.
Kata Kunci: Ketapel, Game Ketapel, Gerak Lurus Berubah Beraturan, GLBB, Unity, 3Ds Max.
|