© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENANGANAN DAN ANALISIS KEGAGALAN ZERO DUCT PRESSURE PADA PNEUMATIC SYSTEM PESAWAT BOEING 737-300 DI HANGGAR PT. MULYA SEJAHTERA TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
HAINUR AZIS
Pembimbing : Agung Praksoso, S.T., M.Eng. - C. Sukaca B, S.T., M.T.

ABSTRAK :
ABSTRAK Pneumatic engine bleed air system merupakan salah satu sistem utama yang berfungsi untuk mengontrol aliran udara yang didistribusikan dari Pneumatic manifold . Suplai utama bleed air ke manifold didapatkan langsung dari engine stage 5th compressor. Kerusakan pada komponen bleed air regulator ini mengakibatkan pendistribusian bleed air tidak mengalir, yang ditunjukan indikator penumatic penel menyala, dan berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan. Analisis kegagalan yang muncul pada berkurangnya bleed air dari indikator pressure pada pneumatic. Selain menggunakan metode observasi, penelitian ini juga menggunakan metode fault tree analysis untuk mendapatkan penyebab kegagalan pada komponen bleed air regulator yang berfungsi untuk mengontrol jumlah bleed air masuk. Kegagalan zero duct pressure disebabkan oleh komponen bleed air regulator, dan melakukan troubleshooting bleed air regulator. Proses troubleshooting bleed air regulator dilakukan mengacu pada buku manual Boeing 737-300 chapter 36. Penggantian komponen dilakukan dengan menggunakan AMM TASK 36-12-35, setelah selesai mengganti komponen bleed air regulator maka dihasilkan bleed air indikator system yang menunjukan pressure sudah kembali normal. Dengan menggunakan metode fault tree analysis, terkait permasalahan pada Zero Duct ressure ditemukan 21 basic event yaitu (1) trouble hight stage valve, (2) trouble hight stage regulator, (3) trouble bleed air regulator, (4) sensor pressure problem, (5) sensor temperature problem, (6) connector problem, (7) pressure pipe problem, (8) hight stage regulator problem, (9) valve stage 9th supply problem, (10) extension ring problem, (11) pipe side inner problem, (12) supply daya problem, (13) connector problem, (14) conecctor problem, (15) line problem, (16) conector valve problem, (17) control valve suplly line problem, (18) fan broken, (19) fan mengalami bengkok, (20) TEE broken, dan (21) tersumbat FOD. Kata Kunci : Zero Duct Pressure, Faault Tree Analysis, Troubleshhoting Bleed Air Regulator


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : HAINUR AZIS
NIM : 18060034
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024