MANAGEMENT SERVER BERBASIS SMS GATEWAY
STUDI KASUS PADA GCM EDNOVATION YOGYAKARTA |
Penulis ARIF HIDAYATULLAH
Pembimbing : Hero Wintolo, ST., M.Kom - Nurcahyani Dewi, S.Far., MT
|
ABSTRAK :
Kepercayaan adalah faktor utama dalam dunia komunikasi online, sebuah
hosting yang dapat diakses dengan cepat dan hampir tidak pernah mengalami
error akan menunjukkan bahwa hosting tersebut dikelola secara serius dalam
melayani konsumen. Oleh karena itu sebuah hosting membutuhkan perawatan
secara berkala dan penanganan terhadap error secepat mungkin sebelum
konsumen merasakan dampak dari hal tersebut, di sisi lain penyedia hosting juga
perlu melindungi sistem mereka dalam memberikan akses pada orang lain yang
tidak berhak dengan melindunginya menggunakan firewall. Dua hal ini menjadi
sangat susah untuk dilakukan bersamaan mengingat kecepatan dan kemudahan
akses bertolak belakang dengan keamanan hosting. Ada banyak cara yang
dilakukan oleh administrator untuk mengatasi hal ini. Dari sekian banyak cara
salah satunya adalah dengan membuat jaringan private yang hanya dapat diakses
dari dalam jaringan, sedangkan untuk perawatan hosting yang bersifat private ini
memanfaatkan media sms sebagai media perawatan karena media sms ini dapat
dipasangkan langsung di dalam jaringan private. Dengan memanfaatkan media
sms ini administrator dapat membuat suatu aplikasi yang dapat melakukan
perbaikan server secara langsung tanpa terlalu khawatir dengan rawannya
jaringan internet publik, karena aplikasi ini berjalan pada jaringan private.
Aplikasi juga bisa dibangun dengan lebih kompleks sehingga aplikasi secara tidak
langsung akan memudahkan administrator dalam pemantauan kondisi server dan
perbaikan error pada server secara cepat dimanapun administrator berada tanpa
tergantung pada jaringan internet yang stabil.
Kata kunci : Management Server, SMS Gateway, Troubleshooting.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ARIF HIDAYATULLAH |
|
NIM |
: 08030048 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|