© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENANGANAN DAN ANALISA HIGH LEVEL OF INTER TURBINE TEMPERATURE (ITT) PADA ENGINE PT 6A-62 PESAWAT KT-1 B DI SKATEK 043 LANUD ADISUTJIPTO DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
RAFIN ALFIAN PUTRA
Pembimbing : Agung Prakoso, S.T., M.Eng. - C. Sukaca B, S.T., M.T.

ABSTRAK :
Salah satu parameter yang sangat mempengaruhi kinerja engine adalah Inter Turbine Temperature (ITT), Inter Turbine Temperature merupakan temperatur internal engine antara compressor turbine dan power turbine. Disaat Inter Turbine Temperature indicator menunjukkan temperature diluar batas normal, maka hal tersebut menjadi indikasi adanya permasalahan pada bagian engine, dan berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan. Analisa kegagalan yang muncul pada kenaikan Inter Turbine Temperature ini didasari dengan observasi dan informasi yang didapatkan dari instruktur lapangan, Selain menggunakan metode observasi, penelitian ini juga menggunakan metode Fault Tree Analysis untuk mendapatkan penyebab permasalahan high level of Inter Turbine Temperature. Setelah mengetahui permasalahan, maka dilakukan proses inspeksi dan troubleshooting untuk menyelesaikan dan mengatasi permasalahan tersebut. Melakukan inspeksi troubleshooting inspeksi Berdasarkan Ref. T.O. 1 T-KT1B-22 REV. A, page 5-91,92) tentang Kenaikan high level of inter tubine temperature, dan ditemukan permasalahan penyebab high level of inter turbine temperature adalah berlebihnya jumlah suplai udara bertekanan yang diakibatkan karena komponen compressor bleed valve yang bertugas untuk mengatur udara yang masuk ke compressor mengalami stuck close/tidak dapat terbuka. Kata kunci : Inter turbine temperature (ITT), compressor bleed valve, FTA


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RAFIN ALFIAN PUTRA
NIM : 18060029
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024