© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS STRUKTUR WING PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) KARGO DENGAN PAYLOAD 500 KG MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS
Penulis
CANDRA NUR HIDAYAT
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santoso, M.T. - Muhammad Ridlo Erdata Nasution, S.T., M.T

ABSTRAK :
ANALISIS STRUKTUR WING PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) KARGO DENGAN PAYLOAD 500 KG MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS Candra Nur Hidayat NIM: 17050032 ABSTRAK Dalam merancang sebuah pesawat, kekuatan struktur merupakan salah satu hal yang paling utama yang harus diperhatikan dan diteliti kembali oleh perancang pesawat, kekuatan struktur harus diperhitungkan agar pada saat digunakan pesawat mampu menahan beban yang diterima. PUNA kargo adalah jenis pesawat fixed wing yang mempunyai misi di penerbangan sipil maupun militer. Dengan tujuan tersebut tentunya PUNA kargo haruslah memiliki ketangguhan dalam segala kondisi. Salah satu komponen yang paling penting yaitu wing, struktur wing tentunya harus memiliki material yang ringan dan kuat, material epoxy carbon woven memiliki keunggulan sifat kaku dan ringan, memiliki yield strength yang tinggi dengan nilai density yang relatif rendah, bahan mudah didapatkan dengan variasi yang banyak dan juga mudah untuk dibentuk sesuai kebutuhan. Proses permodelan wing menggunakan bantuan software CATIA V5R21, dan proses analisis struktur wing menggunakan software ANSYS R17.1 dengan tahap engineering data, geometry, model, ansys composite prepost, setup, solution, dan result. Pembebanan yang dilakukan adalah kondisi manuver dan beban limit faktor negatif dengan tumpuan pada chord root. Hasil dari analisis ini berupa konfigurasi wing yang aman untuk digunakan pesawat, tegangan maksimum dan nilai failure criteria struktur wing menggunakan metode Tsai-Hill. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa PUNA kargo dengan payload 500 kg memiliki konfigurasi wing dengan komponen skin (3,12mm), 8 ribs (10,4mm), 2 spar (20,8mm), leading edge (5,2mm), dan trailing edge (1,56mm). Nilai tegangan maksimum yang terjadi pada struktur wing secara keseluruhan terletak pada root sebesar 125,37 Pa dan total deformation maksimum berada pada tip dengan nilai 0,013192 m. Nilai maksimum failure criteria wing terletak pada rib 2 lapisan pertama dengan nilai 0,39636, sehingga struktur wing tersebut dikatakan aman menurut perhitungan Tsai-Hill. Kata kunci: Analisis struktur, epoxy carbon woven, wing, PUNA kargo, failure criteria.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : CANDRA NUR HIDAYAT
NIM : 17050032
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024