© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN NOSE WHEEL STEERING SYSTEM PADA PESAWAT BOEING DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)
Penulis
DWI ANGGAWATY
Pembimbing : Sri Mulyani, S.T., M.T. - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M

ABSTRAK :
Nose wheel steering system digunakan pesawat Ketika landing, take off dan taxing. Dalam penelitian membahas kegagalan pada Nose wheel steering system pesawat B737 – 800 agar dapat meminimalkan permasalahan pada nose wheel steering system. Tahapan dari penelitian ini adalah mempelajari sistem kerja dari nose wheel steering system kemudian mencari penyebab kegagalan dengan menggunakan Analisa metode FMEA. Penelitian ini berdasarkan AFML (Aircraft Flight and Manual Log) pesawat B737 – 800 pada kurun waktu januari 2020 sampai bulan juni 2021 di maskapai lion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegagalan pada nose wheel steering system pada proses analisis metode kegagalan menggunakan metode FMEA di peroleh nilai RPN (Risk Priority Number) tertinggi yaitu 175 pada kasus steering collar dan torQ link need lubrication dan pada kasus Tire pressure. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya pelumasan pada komponen dan perbedaan tekanan pada tire sehingga diperlukan pengecekan pada komponen sebelum melakukan penerbangan. Kata kunci : FMEA, Nose Wheel steering system, Kegagalan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DWI ANGGAWATY
NIM : 17050054
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024