PENERAPAN PENENTUAN DAN PERHITUNGAN BESAR SUDUT
OBJECT 3D MELALUI GAME EDUKASI |
Penulis MARINUS SETIAWAN SOMALINGGI
Pembimbing : Dwi Nugraheny, S.Kom.,M.Cs. - Nurcahyani Dewi R., S.Far., M.T.
|
ABSTRAK :
PENERAPAN PENENTUAN DAN PERHITUNGAN BESAR SUDUT
OBJECT 3D MELALUI GAME EDUKASI
Oleh
Marinus Setiawan Somalinggi
16030008
INTISARI
Penelitian ini dilatar belakangi anak Sekolah Dasar yang masih terkendala
dalam memahami pelajaran matematika khususnya teori sudut, untuk mengatasi
kendala tersebut salah satu cara belajar yang dapat digunakan dengan
memanfaatkan media interaktif yaitu aplikasi game edukasi berbasis android,
permasalahan pada penelitian ini adalah ada anak yang kurang memahami
pelajaran tentang menghitung sudut dikarenakan rendah kompetensi pengetahuan
matematika siswa di sekolah dasar disebabkan karena kesulitan siswa dalam
memahami pelajaran matematika khususnya teori sudut. Penerapan sudut object
3D melalui game edukasi yang dibuat menggunakan aplikasi Blender 3D dan
Unity dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan berhasil
diterapkan untuk membantu anak kelas V dan VI menyelesaikan soal perhitungan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji coba dilakukan
melalui pengujian aplikasi menggunakan kuesioner dengan responden sebanyak
30 anak sekolah dasar yang terdiri dari 13 anak kelas VI dan 17 anak kelas V
memperoleh hasil analisis sebanyak 85,93%, hasil tersebut dinyatakan sesuai.
Kata Kunci: Pehitungan Sudut, Game Edukasi, Android, Blender 3D, Unity,
Multimedia Development Life Cycle (MDLC).
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MARINUS SETIAWAN SOMALINGGI |
|
NIM |
: 16030008 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|