© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

PENERAPAN PENENTUAN DAN PERHITUNGAN BESAR SUDUT OBJECT 3D MELALUI GAME EDUKASI
Penulis
MARINUS SETIAWAN SOMALINGGI
Pembimbing : Dwi Nugraheny, S.Kom.,M.Cs. - Nurcahyani Dewi R., S.Far., M.T.

ABSTRAK :
PENERAPAN PENENTUAN DAN PERHITUNGAN BESAR SUDUT OBJECT 3D MELALUI GAME EDUKASI Oleh Marinus Setiawan Somalinggi 16030008 INTISARI Penelitian ini dilatar belakangi anak Sekolah Dasar yang masih terkendala dalam memahami pelajaran matematika khususnya teori sudut, untuk mengatasi kendala tersebut salah satu cara belajar yang dapat digunakan dengan memanfaatkan media interaktif yaitu aplikasi game edukasi berbasis android, permasalahan pada penelitian ini adalah ada anak yang kurang memahami pelajaran tentang menghitung sudut dikarenakan rendah kompetensi pengetahuan matematika siswa di sekolah dasar disebabkan karena kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika khususnya teori sudut. Penerapan sudut object 3D melalui game edukasi yang dibuat menggunakan aplikasi Blender 3D dan Unity dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan berhasil diterapkan untuk membantu anak kelas V dan VI menyelesaikan soal perhitungan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji coba dilakukan melalui pengujian aplikasi menggunakan kuesioner dengan responden sebanyak 30 anak sekolah dasar yang terdiri dari 13 anak kelas VI dan 17 anak kelas V memperoleh hasil analisis sebanyak 85,93%, hasil tersebut dinyatakan sesuai. Kata Kunci: Pehitungan Sudut, Game Edukasi, Android, Blender 3D, Unity, Multimedia Development Life Cycle (MDLC).


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MARINUS SETIAWAN SOMALINGGI
NIM : 16030008
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022