PERAWATAN DAN ANALISA KEGAGALAN BRAKE SYSTEM PADA PESAWAT GROB G120TP-A DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS |
Penulis RAMADHAN RIZKI NANDA HARAHAP
Pembimbing : Dr. Teguh Wibowo S.T., M.T. - B. Mardwianta, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
Brakes atau rem pada pesawat adalah bagian penting ketika landing (mendarat),
taxi (bergerak di darat), parkir, dan berbelok ke kanan maupun ke kiri. Brake unit
terletak di dua roda yaitu pada roda kanan dan kiri pesawat. Dalam pengoperasiannya,
brake system telah beberapa kali mengalami kegagalan atau kerusakan. Oleh sebab itu
perlu dilakukan analisa lebih lanjut agar mengetahui kegagalan dan perawatan yang
baik atau sesuai untuk kedepannya.
Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) adalah sebuah metode yang
digunakan untuk mengidentifikasi dari suatu kegagalan dan penyebab dari suatu
masalah. Dengan mendapatkan nilai hasil dari Risk Priority Number (RPN) pada setiap
komponen, maka dapat diketahui komponen mana yang memiliki kegagalan tertinggi
sehingga dapat diberikan perawatan yang sesuai untuk komponen tersebut dan
mengurangi kegagalan atau kerusakan dari komponen tersebut.
Berdasarkan dari hasil penelitian, tingkat kegagalan dan kerusakan dari masingmasing
komponen memiliki nilai RPN yang berbeda. Nilai RPN tertinggi yaitu 180
dengan kasus kerusakan yaitu brake pad under limit disebabkan pemakaian yang
terlalu lama. Gangguan kegagalan tersebut dapat mengganggu pengoperasian pesawat
dan terjadi penurunan performa karena kegagalan fungsi. Rekomendasi perawatan dan
pergantian komponen secara preventive dianjurkan untuk merawat komponen dari
brake pad.
Kata kunci: brake system, Grob G120TP-A, Failure Mode and Effect Analysis
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: RAMADHAN RIZKI NANDA HARAHAP |
|
NIM |
: 17040015 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|