© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENANGANAN DAN ANALISIS KEGAGALAN FUEL QUANTITY INDICATING PADA REFUELING AND DEFUELING SYSTEM PESAWAT ATR 72-600 DI HANGGAR PT. MERPATI MAINTENANCE FACILITY DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
RUDY PRAYOGO
Pembimbing : Agung Praksoso, S.T., M.Eng. - C. Sukaca B, S.T., M.T.

ABSTRAK :
ABSTRAK Pada pesawat ATR 72-600, refueling and defueling system merupakan salah satu sistem pada fuel system. Refueling and defueling system berfungsi sebagai pengontrol atau pengatur proses pengisian bahan bakar (refueling) dan penguras atau pemindahan bahan bakar (defueling). Kerusakan pada komponen refueling control panel ini mengakibakan jumlah bahan bakar menjadi tidak akurat, hal ini menyebabkan pengoperasian refueling dan defueling tidak dapat berjalan dengan sempurna. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi langsung terhadap klasifikasi kegagalan pengoperasian refueling dan defueling pesawat ATR 72-600 di hanggar PT. Merpati Maintenance Facility. Selain menggunakan metode observasi, penelitian ini juga menggunakan metode fault tree analysis untuk mendapatkan penyebab kegagalan pada komponen refueling control panel yang berfungsi untuk mengontrol jumlah bahan bakar pada saat refueling dan defueling. Kegagalan refueling control panel pada ATR 72-600 ditandai dengan pada saat dilakukannya refueling dengan menambah jumlah fuel yang belum mencapai maksimum, namun lampu indikator high level sensor yang menandakan jumlah fuel telah terisi penuh menyala. Mengacu troubleshooting manual (TSM) ATR 72-600 task 28-25 page 103-105 dilakukan remove/install pada probes, dikarenakan kondisi lifetime pada komponen probes hingga mengalami trouble. Ditemukan juga trouble pada high level sensor yang dikarenakan kondisi lifetime pada komponen high level sensor hingga mengalami trouble. Kemudian Ditemukan juga trouble pada refueling control panel yang dikarenakan kondisi lifetime pada komponen refueling control panel hingga mengalami trouble. Penggantian komponen dilakukan dengan menggunakan JIC task 28-42-72 RAI 10000-002, JIC task 28-25-22 RAI 10000-001, dan JIC task 28-25-73 RAI 10000-001. Dengan menggunakan metode fault tree analysis, terkait permasalahan pada refueling and defueling system ditemukan 20 basic event yaitu (1) pipe leakage, (2) suction trouble, (3) o-ring broken, (4) electrical connector disconnect, (5) locking mechanism trouble, (6) filter trouble, (7) electrical harness trouble, (8) bulkhead connectors trouble, (9) valve refuel/defuel trouble, (10) fuel gagae electrical fuse trouble, (11) high level sensor trouble, (12) electrical signal eror, (13) data bus eror, (14) fault codes trouble, (15) fuel mismatch, (16) fuel unbalanced, (17) low level monitoring, (18) float trouble, (19) magnetic trouble, dan (20) locking system trouble. Kata Kunci : Fault Tree Analysis (FTA), Refueling and Defueling System, Probes, High Level Sensor, dan Refueling Control Panel


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RUDY PRAYOGO
NIM : 18060036
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024