RANCANG BANGUN CHATBOT UNTUK PELAYANAN CALON MAHASISWA BARU BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING |
Penulis DIANA BR PURBA
Pembimbing : Anton Setiawan H, S.Kom.,M.T - Harliyus Agustian, S.Kom., M.Cs
|
ABSTRAK :
Calon mahasiwa baru membutuhkan banyak informasi mengenai seputar penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Penyampaian informasi pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta masih melalui customer service. Adapun seorang customer service memiliki jam kerja atau keterbatasan waktu dalam penyampaian informasi. Sehingga hal tersebut menjadi kendala bagi pengunjung yang ingin menerima informasi dengan cepat tanpa keterbatasan waktu. Untuk itu diperlukan suatu alat media layanan informasi yang mampu merespon setiap pertanyaan pengunjung dengan cepat tanpa keterbatasan waktu yaitu chatbot. Chatbot ini dibangun dengan menerapkan sistem pakar menggunakan metode forward chaining. Metode forward chaining merupakan algoritma yang baik sebagai penyelesaian proses pencarian jawaban berdasarkan kata kunci dari pertanyaan user. Sistem kerja chatbot adalah dengan memecahkan susunan kalimat menjadi kata dan dari kata tersebut sistem akan mencari kata kunci yang sesuai sehingga chatbot akan berhasil menampilkan jawaban dengan benar. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa metode forward chaining mampu menyelesaikan permasalahan untuk mengenali kalimat yang dimasukkan, apakah kalimat tersebut merupakan bentuk dari salah satu kata kunci atau bukan. Kelengkapan kata kunci sangat berpengaruh pada keberhasilan aplikasi chatbot.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: DIANA BR PURBA |
|
NIM |
: 17030023 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|