© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS DAN PERANCANGAN GLIDE PATH ANTENNA FREKUENSI 331.4 MHz DI BANDARA ADISUTJIPTO DENGAN APLIKASI HFSS
Penulis
KRISNA DWI PRIYOGA
Pembimbing : Denny Dermawan, S.T., M.Eng. - Ndaru Atmi Purnami,S.Si.,M.Sc

ABSTRAK :
Sebelum adanya pandemi COVID-19, jumlah penumpang kebutuhan moda transportasi udara kian tahun semakin naik seiring meningkatnya taraf hidup masyarakat di Indonesia. Salah satu alasannya, karena setiap orang membutuhkan waktu yang cepat agar dapat sampai ke tempat tujuan dan mendapatkan keamanan dalam bertransportasi. Bermacam teknologi aviasi khususnya di bidang navigasi dikembangkan untuk mendapatkan keamanan penerbangan. Salah satunya Instrument Landing System. Penelitian ini berfokus mendesain bentuk ILS glide path yang ada pada Bandara Adisutjipto dari yang asalnya dipole tubing dibuat menjadi dipole wire. Langkah selanjutnya membandingkan hasil parameter antenna dari manual book dengan simulasi dan perhitungan teori serta dicari nilai error dan akurasinya. Dalam proses perancangan terdapat berbagai bentuk konfigurasi antenna sehingga dalam proses pengerjaan skripsi ini bisa memahami lebih dalam dari perbedaan cara kerja antenna dari yang mulai satu dipole antenna, linear array dipole antenna, planar array dipole antenna, serta pemakaian reflector pada antenna. Perancangan antenna dipole glidepath ini menggunakan rancangan planar array dengan tujuan dapat meningkatkan direktivitas serta gain dari antenna. Dalam mendesain antenna dipole planar array ini menggunakan bantuan software HFSS versi 15. Penelitian ini menggunakan alumunium sebagai bahan penyusun dipole yang memiliki konduktivitas aluminum ( . Antenna ini menghasilkan pola radiasi unidirectional atau searah dengan lebar HPBW sebesar 40° secara H-Plane dan sebesar 65° secara E-Plane. Antenna ini bekerja pada frekuensi 331.4 MHz dengan VSWR 1.8821, gain 11.03 dB, dan bandwidth 31.5 MHz. Antenna 4x2 dipole dengan pemakaian reflector memiliki perbandingan keakurasian gain sebesar 90.8333% dan error gain sebesar 9.1667% terhadap antenna pembanding, yaitu Antenna Kathrein Glide Path. Antenna purwarupa ini memiliki perbandingan keakurasian VSWR sebesar 28.9% dan error VSWR sebesar 71.1%. Kata Kunci: Dipole Antenna, Planar Array Antenna, Instrument Landing System, Glide Path.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : KRISNA DWI PRIYOGA
NIM : 16010056
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024