ABSTRAK :
Standby hydraulic system merupakan bagian penting dari sistem hidraulik
pesawat karena digunakan sebagai alternate atau sistem backup jika terjadi
kerusakan / kebocoran pada hidraulik sistem A atau hidraulik sistem B. Standby
EMDP memiliki tekanan 1300 psi yang diperoleh dari reservoir sistem B melalui
fill and balance line reservoir. Standby EMDP digunakan untuk menggerakkan
standby rudder, leading edge flaps and slats dan thrust reversers. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisa troubleshooting dan kemungkinan penyebab
kegagalan pada standby EMDP B737-900ER yang mengalami trouble dan
perbaikan di hanggar Merpati Maintenance Facility.
Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi langsung terhadap
analisis proses troubleshooting pada B737-900ER di hanggar Merpati Maintenance
Facility. Selain itu dalam penelitian ini juga menggunakan metode fault tree
analysis untuk mendapatkan penyebab kegagalan pada standby EMDP.
Kegagalan standby EMDP pada B737-900ER ditandai dengan forward
overhead panel (P5) indikator lampu standby hydraulic low pressure menyala on
pada saat dilakukan operational test Standby Rudder. Standby hydraulic low
pressure (P5) mengindikasikan bahwa tekanan pada standby EMDP kurang dari
1300 psi. Mengacu Fault Isolation Manual (FIM) B737-900ER dilakukan inspeksi
awal berupa External Leakage Check dan Internal Leakage Check. Kebocoran pada
komponen accoustic filter ini menyebabkan berkurangnya transfer hidraulik fluid
dari reservoir sistem B menuju ke reservoir sistem standby kemudian ke standby
EMDP yang di pompan menuju PCU yang kemudian menyebabkan kegagalan pada
standby EMDP dan standby rudder. Penggantian komponen penyebab kegagalan
dilakukan dengan menggunakan AMM Chapter 29-11-21 page 401. Dengan
menggunakan metode fault tree analysis, terkait dengan permasalahan Standby
EMDP didapatkan 20 basic event yaitu (1) Centrifugal Pump Trouble, (2) Accoustic
Filter Broken, (3) Hydraulic Pump trouble, (4) Supply Line Connector Problem,
(5) Electric Motor Trouble, (6) Electrical Connector Disconnected, (7) Solenoid
Valve Failure, (8) Power Control Unit Piston Trouble, (9) Yaw Damper EHSV
Problem, (10) Low Pressure From Hydraulic System, (11) External Summing Lever
Trouble, (12) Bleed Air APU Trouble, (13) Engine Bleed Air Trouble, (14) Tank
Leakage, (15) Access Connector Disconnected, (16) Standby Rudder Shutoff Valve,
(17) Pressure Relief Valve Failure, (18) Check Valve Failure, (19) Electrical
Connector Disconnected, (20) Low Pressure Switch.
Kata kunci: Fault Tree Analysis (FTA), fill and balance line, standby EMDP low
pressure, standby EMDP.
|