ABSTRAK :
ABSTRAK
Sistem bahan bakar pesawat merupakan sistem utama yang harus dilengkapi
dengan sistem penditribusian fuel untuk mengoptimalkan kinerja engine. Masalah
pada fuel sistem muncul jika ada satu atau lebih komponen yang rusak dalam
sistemnya. Ketika terjadi masalah pada penditribusian fuel, hal itu akan
mempengaruhi kinerja pada engine.
Dalam penelitian ini, metode observasi langsung digunakan untuk
mengamati dan menganalisis penanganan perawatan pesawat GROB G 120TP-A
di Skadron Teknik 043 Lanud Adisutjipto. Subjek pada penelitian ini adalah
sistem bahan bakar GROB G 120TP-A. Selain itu pada penelitian ini digunakan
metode fault tree analysis untuk mencari kemungkinan penyebab yang akan ada
pada permasalahan sistem pendistribusian bahan bakar GROB G 120TP-A. Proses
troubleshooting dan remove/install mengacu pada AMM GROB G 120TP-A
chapter 28-00, AMM GROB G 120TP-A chapter 28-20, AMM GROB G 120TPA
chapter 28-20-58 dan AMM GROB G 120TP-A chapter 28-20-83.
Pengujian dilakukan untuk mengetahui kondisi sistem pendistribusian bahan
bakar telah berhasil diperbaiki. Dengan menggunakan metode fault tree analysis
yang terkait dengan masalah sistem bahan bakar pesawat, diperoleh 17 basic
event. 17 basic event tersebut adalah (1) Leakage Outlet Pump assy, (2)Leakage
Elbow, (3) Pump assy fail, (4) leakage check valve, (5) connector assy fail, (6)
selector valve trouble, (7) collector valve fail, (8) adjustment broken, (9) loose
adjustment, (10) main tank failure, (11) collector tank failure, (12) check valve
fuel quantity fail, (13) Shutoff valve trouble, (14) pressure relief valve trouble,
(15) Inboard bottom accesspanel fail, (16) outboard fuel sensore fail, dan (17)
inboard fuel sensore fail yang dapat mempengaruhi distribution fuel system
mengalami kegagalan.
Kata kunci: fuel system, fault tree analysis, distribusi bahan bakar.
|