ABSTRAK :
Global emisi dari industri penerbangan menyumbang sebanyak 2,4% global emisi
dari total global emisi,menurut International Council on Clean Transportation (ICCT),
global emisi dari penerbangan komersial berjumlah 707 juta ton pada tahun 2012. Pada
tahun 2019 nilai ini mencapai 920 juta ton,meningkat sekitar 30% dalam enam tahun. Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui 3 case emisi dari jet propellant 8 (JP-8)
jika dicampur dengan greenhouse gasses dan pada variasi equivalent ratio 0,5
sampai 2,0 dan variasi persentase 50%/50% sampai 90%/10%. Metode penelitian yang
digunakan adalah Simulasi untuk pembakaran jet fuel dan greenhouse gasses. Percampuran
jet fuel dan greehouse gasses yang digunakan yaitu Case 1 murni 100% dodecane ,
Case 2 + metana
, Case 3 + karbon dioksida
. Pembakaran
tersebut menghasilkan nilai mass fraction,flamespeed,temperatur dan net reaction. Mass
fraction menghasilkan 5 produk yaitu CO, , ,O, . memiliki nilai emisi terendah
dari 3 case tersebut Pada case 1 produk memiliki nilai terendah 547715,1 pada Equivalent
ratio 2,0. Pada case 2 Produk Pada Equivalent ratio 1,5 memiliki nilai terendah 91647,82
dengan persentase 70% /30% . Pada case 3 Produk Pada Equivalent ratio 1,5
memiliki nilai terendah 91647,82 dengan persentase 70% /30% .
Kata kunci : Emisi,Greenhouse Gasses,chemkin
|