ABSTRAK :
ABSTRAK
Engine anti ice merupakan sistem anti icing terpenting pada pesawat terbang ketika pesawat sedang terbang dalam icing conditions selama berada di ketinggian dan temperature udara yang sangat rendah. Masalah yang terjadi pada pesawat Airbus A320-200 di hanggar 4 GMF AeroAsia adalah permasalahan pada engine anti ice system, ditunjukkan dengan munculnya status message pada ECAM pada saat dilakukannya operational check engine anti ice system (with engines in operation) dan engine interface unit 1 saat dilakukannya system report/test. Permasalahan tersebut dapat mempengaruhi flight performance.
Dalam penelitian ini, metode observasi langsung digunakan untuk mengamati dan mengalisis penanganan perawatan pesawat Airbus A320-200 di hanggar 4 PT. GMF AeroAsia. Selain itu dalam penelitian ini juga menggunakan metode fault tree analysis untuk mendapatkan penyebab kegagalan dari engine anti ice system Airbus A320-200 dan engine interface unit 1.
Hasil dari penelitian tentang permasalahan engine anti ice system Airbus A320-200 adalah terjadi permasalahan pada air intake anti ice valve dan engine interface unit. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan melakukan troubleshooting yang mengacu pada TSM Airbus A320-200 task 73-25-00-810-853-A untuk engine interface unit 1 (EIU 1) dan TSM Airbus A320-200 task 30-21-00-810-052-E untuk air intake anti ice valve. AMM Airbus A320-200 task 73-25-34-400-040-B untuk removal EIU 1, AMM Airbus A320-200 task 73-25-34-400-040-B untuk installation EIU 1. AMM Airbus A320-200 task 30-21-51-000-041-A untuk removal air intake anti ice valve, AMM Airbus A320-200 task 30-21-51-400-042-A untuk installation air intake anti ice valve. Dengan menggunakan metode fault tree analysis, terkait dengan permasalahan engine anti ice system diperoleh 18 basic event, yaitu: (1) electrical connector source fault, (2) electrical cable broken, (3) battery weak, (4) disconnected connector pins, (5) broken pins connector, (6) dirty pins connector, (7) unproper install, (8) duct crack, (9) duct leakage, (10) FOD (volcano ash), (11) solenoid broken, (12) valve corrosion, (13) disk bending, (14) tubes and hoses crack, (15) tubes and hoses leakage.
Kata Kunci: Engine Anti Ice System, Engine Inteface Unit 1, Flight Performance
|