ABSTRAK :
ANALISIS RISK PRIORITY NUMBER DALAM MENENTUKAN CRITICAL FAILURE SISTEM LANDING GEAR UNTUK MENDUKUNG PERAWATAN PESAWAT KT-1B
Ditulis oleh:
BRIGITTA AGAPE SINUHAJI
NIM: 17040031
Pembimbing 1: Dr. Teguh Wibowo, S. T., M. T.
Pembimbing 2: Ir. Sudarmanto, M. T.
ABSTRAK
Landing gear system adalah sistem yang penting pada pesawat. Komponen ini berperan dalam proses take off dan landing, serta menahan beban ketika pesawat berada di darat. Dalam pengoperasiannya, landing gear system pesawat KT-1B tercatat banyak mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisa lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kegagalan dan tindakan perawatan yang sesuai.
Metode failure mode and effect analysis (FMEA) adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber dan akar penyebab dari suatu masalah. Dengan melihat hasil dari RPN (Risk Priority Number) pada setiap komponen maka dapat diketahui komponen yang memiliki kegagalan tertinggi dan paling berisiko sehingga dapat diterapkan jenis perawatan yang efektif terhadap komponen landing gear system.
Berdasarkan hasil analisis, tingkat resiko kegagalan dari masing-masing komponen landing gear system menggunakan metode FMEA didapat nilai RPN tertinggi yaitu 120 dengan kasus kemungkinan rusak di power pack karena kebocoran sambungan pipa dan emergency accumulator dikarenakan kotoran yang menyumbat saluran hidrolik. Kegagalan tersebut dapat mengakibatkan gangguan keselamatan dalam pengoperasian dan terjadi penurunan performa karena kegagalan fungsi. Rekomendasi perawatan preventif dianjurkan untuk merawat komponen power pack dan emergency accumulator.
Kata kunci: Landing Gear System, KT-1B, Failure Mode and Effect Analysis
|