OPTIMALISASI PERENCANAAN TERBANG BOEING 737-800NG LION AIR RUTE YOGYAKARTA - MAKASSAR -MANADO MENGGUNAKAN METODE FUEL TANKERING |
Penulis ADITYA WIJAYA SAPUTRA
Pembimbing : Gunawan, S.T.,M.T - M.R.E Nasution, S.T.,M.T.,Ph.D
|
ABSTRAK :
Sebagai sebuah perusahaan penerbangan, PT. Lion Air menerapkan strategi-strategi dalam rangka memperoleh keuntungan dan menekan biaya operasional sekecil mungkin. Salah satu strategi yang diterapkan untuk menekan biaya operasional yaitu dengan cara melakukan fuel tankering.
Data yang diperoleh untuk menghitung jumlah fuel tankering berupa data jumlah Trip Fuel dan DOW ( Dry Operating Weight ). Selanjut menghitung besar Route Reserve , Block Fuel, dan Remain Fuel. Setelah mendapat jumlah Fuel yang dibutuhkan dapat dicari jumlah Allowed Payload pada sebuah misi penerbangan tersebut. Jumlah Allowed Fuel Tankering dapat dihitung dengan cara jumlah Allowed Payload dikurangi dengan jumlah penumpang dan bagasi yang dibawa setiap penumpang.
Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa Allowed Tanker pada rute penerbangan Yogyakarta – Makassar adalah 1.995 Kg ( flaps 1 ) dan 865 Kg ( flaps 5 ).Allowed Tanker pada rute penerbangan Makassar – Manado adalah 2.925 Kg ( flaps 1 ) dan 2.065 Kg ( flaps 5 ). Dan besar Total Saving Cost pada rute penerbangan Yogyakarta – Makassar adalah Rp. 139.650 ( flaps 1 ) dan Rp. 60.550 ( flaps 5 ).Total Saving Cost pada rute penerbangan Makassar – Manado adalah Rp. 438.750 ( flaps 1 ) dan Rp. 309.750 ( flaps 5 ).
Kata kunci : Fuel Tankering, Total Saving Cost, Trip Fuel, Route Reserve , Block Fuel, Remain Fuel.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ADITYA WIJAYA SAPUTRA |
|
NIM |
: 14050083 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|