ABSTRAK :
SISTEM FUEL CONTROL UNIT, PERAWATAN DAN ANALISIS KEANDALAN PADA PESAWAT KT-1B WOONG BEE MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)
Ditulis oleh:
RICKY GALIH WICAKSONO
NIM: 17040059
Pembimbing 1: Buyung Junaidin, S.T., M.T.
Pembimbing 2: Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T.
ABSTRAK
Fuel control unit adalah komponen yang penting dalam pendistribusian dan pengontrolan bahan bakar untuk operasional mesin pesawat KT-1B Woong Bee. Fungsinya adalah mengatur besar kecilnya aliran bahan bakar yang akan masuk ke dalam combustion chamber. Dalam pengoperasiannya, komponen fuel control unit pesawat KT -1B Woong Beee sepanjang tahun 2011-2020 mengalami banyak kegagalan. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis nilai keandalan berkaitan dengan frekuensi waktu kegagalan atau kerusakan komponen.
Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, dilakukan analisis menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Dalam metode kuantitatif digunakan perhitungan distribusi Weibull untuk menentukan nilai keandalan dan laju kegagalan komponen. Dalam metode kualitatif digunakan metode reliability centered maintenance yang disajikan dalam tabel FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) dan tabel decision worksheet untuk mengetahui kegagalan yang terjadi serta membuat prioritas perawatan lebih lanjut pada tiap bentuk kegagalan yang terjadi pada komponen.
Berdasarkan hasil analisis, dalam metode kuantitatif diperoleh nilai keandalan R(t) komponen yaitu increasing failure rate atau akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia komponen dan akan mencapai nilai R(t) 0,7 atau 70% yaitu sebelum mencapai 2500 jam terbang. Dalam metode kualitatif diperoleh dua bentuk kegagalan yang terjadi pada komponen yaitu low acceleration dan drive shaft coupling patah serta diperoleh penjadwalan perawatan yang paling tepat untuk komponen fuel control unit adalah scheduled restoration task.
Kata kunci: fuel control unit, KT-1B Woong Bee, distribusi Weibull, reliability centered maintenance
|