ABSTRAK :
ANALISIS KOEFISIEN AERODINAMIKA PADA PENGAPLIKASIAN WINGTIP DEVICE DI PESAWAT CESSNA 172
Ditulis oleh: BAYU ROCHMANA
14040084
Pembimbing 1: Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng. Pembimbing 2: C. Sukoco Budiono, S.T., M.T.
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan pesawat masih terus berlanjut dengan tujuan meningkatkan kinerja dan efisiennya baik dalam hal struktur, sistem, mesin maupun aerodinamikanya. Penelitian ini akan menganalisis koefisien aerodinamika dengan penambahan wingtip device pada sayap pesawat Cessna 172 menggunakan variasi kecepatan 55m/s dan 65m/s dan variasi sudut serang 2o, 4o, 6o, 8o dan 10o. Data gaya angkat dan gaya hambat telah diketahui dari studi literatur, kemudian mencari nilai koefisien gaya angkat dan koefisien gaya hambat dengan penghitungan manual. Penghitungan menunjukkan perbedaan yang signifikan dari koefisien gaya angkat pada kecepatan 55m/s dan pada sudut serang 10o, yaitu dari nilai awal 0,498 menjadi 0,554. Sedangkan pada kecepatan yang sama, koefisien gaya hambat terendah adalah pada 2o. Rasio koefisien terbaik dengan penambahan wingtip device berada pada sudut serang 4o dan kecepatan 65m/s yaitu dari nilai 9,15 menjadi 9,32.
Kata kunci: aerodinamika, wingtip device, airfoil, gaya angkat, gaya dorong
|