ABSTRAK :
Air cycle machine merupakan sistem yang dibutuhkan dalam pesawat
terbang. Hal tersebut karena sietem air cycle machine menyuplai udara pada cabin
dan cockpit. Selain untuk meyuplai udara air cycle machine juga digunakan untuk
menjaga preesure pada pesawat saat in flight. Pada pesawat ATR 72-600 kegagalan
pada air cycle machine dapat dilihat melalui indikasi pada cockpit seperti
munculnya caution light amber seperti suara dan diikuti menyalanya caution light
dengan tulisan fault. Kemudian Multifunction Display (MFD) akan menampilkan
terjadinya kerusakan pada air cycle machine yang mana kerusakan tersebut belum
diketahui secara mendetail dan harus dilakukan troubleshooting untuk
mengetahuinya.
Kerusakan tersebut dapat di atasi dengan cara troubleshooting berdasarkan
Troubleshooting Manual (TSM) chapter 21-10-00, dengan cara operational test.
Setelah itu dilaksankan visual inspection untuk melihat kerusakan yang terjadi pada
komponen yang mengakibatkan penurunan performa pada air cycle machine.
Setelah ditemukan beberapa kerusakan maka dilanjutkan dengan penggantian
komponen.
Ditemukan kerusakan pada ground cooling turbo fan check valve stuck
closed, RAM air inlet check valve tidak properly open, dan Hot air bypass valve
mengalami stuck closed yang diakibatkan oleh korosi, sehingga engsel pada valve
macet. Selanjutnya dilakukan penggantian pada komponen yang mengalami
kerusakan dan dilaukan pengetasan sesuai dengan job instruction card untuk
memperoleh hasil yang maksimal dan keamanan bagi penerbangan.
Kata kunci: Air cycle machine, valve, troubleshooting, pressure, stuck.
|