© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

TROUBLESHOOTING STARTER ENGINE 2 CFM56-7B DOES NOT AUTOMATIC SHUTDOWN PADA PESAWAT BOEING 737-800 NG Di HANGAR 2 PT. GMF AEROASIA
Penulis
RICKY FAJAR ADIPUTRA
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc. - Arif Pambekti, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Starting Engine System pada pesawat Boeing 737-800 NG adalah sistem yang terdapat pada engine CFM56-7 yang memiliki fungsi sebagai daya awal untuk menghidupkan engine. Starting system merupakan sistem pendukung dalam pengoperasian suatu gas turbine engine, pada setiap kali operasional gas turbine engine starting system berperan memberikan akselerasi pada compressor sehingga percepatan putaran RPM pada compressor dapat memberikan suplai pressure udara yang cukup untuk mendukung pembakaran di dalam combustion chamber dan suplai power putaran dari starting system harus dapat dipastikan mampu memberikan putaran sampai dimana kondisi RPM engine self sustaining speed. Starting Engine System mengalami permasalahan karena terjadinya starting engine tidak Shut Off secara Otomatis. Maka dilakukan metode yang digunakan untuk analisisis pada failure adalah metode Fault Tree Analysis (FTA), yang merupakan suatu metode untuk identifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya failure. Dan mengikuti referensi dari Fault Isolation Manual (FIM), Aircraft Maintenance Manual (AMM), dan Minimum Equipment List (MEL). Hasil proses troubleshooting yang dilakukan pada pesawat Boeing 737- 800 NG, ditemukan kerusakan pada actuator solenoid, sehingga menyebabkan starting engine 2 pada pesawat B737-800 NG PK-Gyy tidak dapat otomatis shutdown. Kemudian tindak mitigasi yang sesuai dapat diterapkan untuk mencegah terjadinya failure yang berulang. Kata Kunci: Fault Tree Analysis, Starter Engine System, Actuator Solenoid


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RICKY FAJAR ADIPUTRA
NIM : 18360092
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024