TROUBLESHOOTING AUXILIARY POWER UNIT LINE UP SLOWLY AND AUTOSHUTDOWN
PADA PESAWAT BOEING 737-300 DI HANGAR HALL E
PT. MULYA SEJAHTERA TECHNOLOGY |
Penulis RIJAL HUBBIRRIDHO
Pembimbing : Indro Lukito, S.T.,M.Eng. - Riski Kurniawan, S. Si., M,Sc.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Auxiliary Power Unit (APU) berfungsi untuk sumber energi untuk operasional penerbangan. APU akan menghasilkan pneumatic dan electric yang bisa digunakan untuk komponen dan system pada pesawat. Perfoma APU akan terganggu apabila APU tidak bisa mencapai kecepatan 100% dengan tepat waktu (line up slowly). APU juga akan terganggu apabila suhu pada oli meningkat secara tidak wajar dan akan mengarah pada autoshutdown. Sehingga pesawat akan mengalami kesulitaan dalam memperoleh sumber pneumatic dan electrical.
Penanganan yang dilakukan pada pesawat A dan pesawat B adalah melakukan penggantian komponen yang sudah unserviceable dengan komponen yang baru atau serviceable, Setelah melakukan proses troubleshooting berupa pengumpulan data dan visual check dapat diketahui hasil dari komponen tersebut. Hal ini sesuai dengan arahan dari AMM pesawat Boeing 737-300 chapter 49.
Setelah penggantian komponen maka dilakukan pengetesan akhir untuk memastikan bahwa APU sudah kembali normal. Hasil yang didapatkan dari pengetesan akhir yaitu APU dari kedua pesawat terkait didapatkan info, yaitu APU sudah normal dengan indikasi suhu oli yang sudah normal yaitu 130 oC dan kecepatan engine yang sudah dapat mencapai kecepatan 100% sesuai dengan waktu starting yaitu 90 detik. Hasil dari troubleshooting ini adalah kedua pesawat terkait kembali normal atau serviceable.
Kata kunci: Auxiliary Power Unit (APU), troubleshooting, Proportional Control Valve, cooling fan
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: RIJAL HUBBIRRIDHO |
|
NIM |
: 18060056 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|