ABSTRAK :
Flap merupakan bagian dari secondary flight control yang berfungsi untuk
menambah luas permukaan dari wing. Sehingga flap dapat berguna untuk
meningkatkan/mengurangi daya angkat maupun daya hambat pada pesawat.
Performa flap akan terganggu apabila flap mengalami asimetris (perbedaan posisi
antara flap kanan dan flap kiri). Akibat dari hal tersebut pesawat akan mengalami
kehilangan keseimbangan dan dapat memicu terjadinya kecelakaan pada pesawat.
Diperlukan penanganan perbaikan untuk mengatasi permasalahan flap
asimetris pada pasawat ATR 72-600 dengan dilakukan troubleshoot berdasarkan
TSM TASK 27-51-00 yaitu dengan cara visual inspection, component
replacement, operational test, dan bleeding hydraulic.
Setelah dilakukan metode troubleshooting seperti diatas, ditemukan
adanya kebocoran RH outboard flap actuator sebagai penyebab terjadinya flap
asimetris. Diketahui kebocoran tersebut dikarenakan adanya kerusakan seal pada
flap actuator. Sehingga perlu dilakukan flap actuator replacement dan
operational test, dengan hasil flap masih dalam kondisi asimetris. Hal tersebut
dikarenakan adanya bubble pada aliran cairan hydraulic. Setelah dilakukan
troubleshooting kembali dengan cara bleeding hydraulic, flaps kembali ke kondisi
normal dan pesawat dinyatakan serviceable.
Kata kunci : Flap, asimetris, troubleshooting
|