ABSTRAK :
PROBABILITAS DAN RESIKO KEGAGALAN BLEED VALVE UNTUK MENDUKUNG PERAWATAN ENGINE PESAWAT LATIH KT-1B
Ditulis oleh:
Hidayatul Amalia
NIM : 17040024
Pembimbing 1 : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T.
Pembimbing 2 : R. Nur akhmad Triwibowo, S. T., M. Eng
ABSTRAK
Pentingnya melakukan perawatan pada engine pesawat terbang guna untuk menyiapkan kondisi komponen dalam keadaan siap pakai. Permasalahan yang terjadi pada komponen engine PT6A-62, menyebabkan berkurangnya performance pada engine. Perawatan engine PT6A-62 dilakukan setiap 500 jam terbang, sedangkan komponen bleed valve pada engine PT6A-62 dilakukan setiap 22.000 jam terbang.
Metode yang digunakan adalah metode distribution weibull yang digunakan dalam menentukan tingkat keandalan. Dan FMEA untuk menentukan tingkat kegagalan pada komponen yang bisa dijadikan referensi dalam melakukan perawatan. Penelitian yang dilakukan pada komponen bleed valve engine PT6A-62 dengan data kegagalan mulai dari 2015 - 2020.
Hasil analisis menunjukan bahwa komponen bleed valve engine PT6A-62 yang mengalami kerusakan dengan interval waktu tertentu menjadikan laju kegagalan semakin meningkat pemakaian yang semakin bertambah, serta keandalan komponen semakin berkurang dengan presentasi tingkat keandalan sebesar 64% dikarenakan faktor pemakaian yang terus bertambah, sehingga diperlukan perawatan preventive yang berguna memaksimalkan usia komponen dan mencegah kegagalan komponen saat pemakaian berlangsung.
Kata kunci: engine PT6A-62,keandalan, laju kegagalan, Weibull,FMEA
|