ABSTRAK :
ABSTRAK
Kecelakaan adalah manifestasi dari rangkaian kesalahan, seperti fenomena
gunung es (iceberg) yang umumnya tidak kelihatan karena dibawah permukaan.
Data yang diperoleh dari KNKT telah terjadi banyak incident. Hal ini tidak
termasuk kesalahan-kesalahan kecil (minor events) yang tidak dilaporkan
jumlahnya. Data tersebut banyak didominasi oleh penyebab human factor, tetapi
sejauh mana maintenance error yang disebabkan oleh human error ini menjadi
faktor kontribusi yang menyebabkan minor event belum diketahui human factor
tersebut.
Dalam mengungkapkan permasalahan yang penulis angkat, diperlukan
metode penelitian, ada beberapa metode untuk menganalisis faktor manusia antara
lain SHELL Model dan The Dirty Dozen.
Human error dapat mempengaruhi maintenance error sebesar 79,3% untuk
hubungan antara L dengan H (liveware-hardware) berdasarkan analisis Human
Factor jenis maintenance error berdasarkan konsep metode SHELL Model dan
Berdasarkan konsep metode The Dirty Dozen 41,47% disebabkan oleh Lack of
Awareness (kurangnya kepedulian dan cenderung tergesa-gesa).
Kata Kunci : Human Factor, Human Error, SHELL Model, The Dirty Dozen
|