© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PEMBUATAN STRUT BAR LANDING GEAR MENGGUNAKAN KOMPOSIT DENGAN PERPADUAN SERAT KACA WOVEN ROVING DAN UNIDIRECTIONAL
Penulis
DEDDY SETIAWAN
Pembimbing : Moh. Ardi Cahyono, S.T.,M.T. - Sri Mulyani, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
PEMBUATAN STRUT BAR LANDING GEAR MENGGUNAKAN KOMPOSIT DENGAN PERPADUAN SERAT KACA WOVEN ROVING DAN UNIDIRECTIONAL ABSTRAK Deddy Setiawan 14050103 Landing gear tidak bisa dipisahkan dengan pesawat udara, pesawat udara pada saat akan terbang, mendarat, parkir dan saat taxi (bergerak di darat), Landing gear berfungsi untuk menahan beban pesawat udara pada saat di darat, menahan beban impact pada saat roda menyentuh landasan pacu, dan pada saat melakukan take off. Wheel landing gear dan fuselage dihubungkan oleh strut bar yang menopang seluruh berat pesawat ketika didarat dan menahan beban impact pada saat landing. Pada kesempatan sebelumnya, penggunaan strut bar yang ada pada pesawat nirawak model Cessna menggunakan material besi BJTP (baja tulang polos) yang dinilai agak berat dan kurang efisien dalam pemangkasan berat dan di buat jenis strut bar baru dengan menggunakan komposit dengan bahan serat kaca perpaduan woven roving dan unidirectional dengan ukuran yang sama, diharapkan agar dapat mengurangi berat tambahan dengan kekuatan yang hampir sama dengan sturt bar besi yang sudah ada sebelumnya. Proses pembuatan strut bar landing gear komposit dengan bahan serat kaca perpaduan woven roving dan unidirectional menggunakan metode hand lay up yaitu dengan cara pengolesan serat kaca berlapis yang di rekatkan oleh resin lycal hingga ketebalan yang sudah di tentukan sebelumnya. Dari hasil pembuatan strut bar landing gear komposit, kekuatan struktur landing gear diketahui dengan menganalisis kekuatan ultimate tensile dan kekuatan impact berdasarkan luas permukaan material. Luas permukaan yaitu 0,5cm X 1,5cm = 0,75 cm2 atau sebesar 0,000075 m2 . Kekuatan struktur ultimate tensil dapat diketahui dengan mengalikan luas permukaan dan ultimate tensile, 0,000075 m2 X 93.079.223 𝑁 𝑚2 = 6.980,94 N atau di konversikan menjadi kilogram force sebesar 711,86 kgf. Sedangkan kekuatan struktur impact diketahui dengan impact energy (J) dibagi dengan luas permukaan, 15,7 J : 0,000075 m2 = 209.333,333 𝐽 𝑚2 . Kata Kunci : Strut Bar Landing Gear, Serat kaca, Woven Roving, Unidirectonal


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DEDDY SETIAWAN
NIM : 14050103
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024