ABSTRAK :
ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR WING KOMPOSIT SANDWICH PESAWAT UAV CARGO-X
Habibi
Nim: 16050054
ABSTRAK
Dalam proses pengembangan teknologi transportasi udara di zaman sekarang, banyak yang harus diperhatikan serta diteliti kembali oleh calon engineering seperti dalam mendesai pesawat udara antara lain yaitu struktur. Pesawat UAV Cargo-x merupakan pesawat udara yang dirancang sebagai pesawat untuk membawa obat-obatan, paket dan juga kantong darah pada wilayah yang membutuhkan penanganan yang cepat dan efisien. Dengan tujuan tersebut tentunya pesawat UAV Cargo-x haruslah memiliki ketangguhan dalam segala kondisi. Salah satu komponen yang paling penting yaitu wing, dalam menganalisis struktur wing, tentunya harus memiliki material yang ringan dan kuat, diantaranya: material composite yang berfungsi memiliki keunggulan kekuatan serta ringan dan composite sandwich sendiri terdiri dari kulit tipis dan inti tebal yang berfungsi memberikan pelindung pada permukaan komponen.
Proses permodelan wing menggunakan bantuan software Catia V5R21, dan proses analisis struktur composite sandwich, menggunakan software MSC patran/Nastran 2012 dengan tahapan import, meshing, input propertis material, pemberian beban dan tumpuan, proses analisis. hasil analisisnya nanti akan berupa tegangan maksimum dari stuktur wing. Selanjutnya akan dilakukan perhitungan untuk mengetahui nilai margine of safety pada element isotropic yaitu dibagian Core dan spar, dan failure indices pada element composite yaitu skin.
Hasil tegangan maksimum yang terjadi pada struktur skin sebesar 62.5 MPa dengan failure indeces layer 2 sebesar 0.218, untuk bagian Core tegangan maksimum yang terjadi sebesar 1.16 MPa, dengan margine of safety -0.447, untuk bagian Spar tegangan maksimum yang terjadi sebesar 453 MPa dengan margine of safety 1.75, maka berdasarkan data tsb struktur wing UAV cargo-x tidak aman untuk Core, Dan aman untuk skin dan spar.
Kata kunci: composite sandwich, wing, UAV, margine of safety, failure indices
|