ABSTRAK :
Simulasi merupakan metode pelatihan yang berfungsi untuk memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya dan penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan. Dengan adanya simulasi pesawat Unmanned Aerial Vehicle Eagle-X sebagai pengusir hama burung pipit, diharapkan dapat membantu para petani maupun produsen dalam memahami cara kerja dari pesawat eagle-x tanpa harus membeli atau merancangnya. Simulasi pesawat Unmanned Aerial Vehicle Eagle-X memiliki dua bagian utama, yaitu Input System dan Output System yang saling terhubung satu sama lain. Apabila kedua bagian utama digabungkan maka akan membentuk suatu sistem simulasi bergerak yang bertujuan untuk mengetahui cara kerja dari pesawat dan untuk menggerakan Input System dari simulasi pesawat Unmanned Aerial Vehicle Eagle-X menggunakan Joystick. Metode Perancangan Sistem terdiri dari Flowchart, User Interface, Blueprint, dan Pengujian Simulasi. Pembuatan simulasi tersebut menggunakan software 3Ds Max yang berfungsi membuat semua objek 3D dan juga menggunakan software Unity untuk membuat animasi dan simulasi. Pengujian simulasi ini menggunakan perbandingan data jurnal pada penelitian dan simulasi digital.
Kata kunci: Simulasi, Unmanned Aerial Vehicle, pesawat Eagle-X, pesawat pengusir hama burung pipit, 3Ds Max, Unity.
|