ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA KEGAGALAN
SISTEM ELECTRIC MOTOR-DRIVEN PUMP (EMDP)
PADA TIPE PESAWAT BOEING 737-800 |
Penulis ANGGUN NURUL HIDAYAH
Pembimbing : Sri Mulyani S.T., M.Eng. - Fajar Khanif Rahmawati, S. T., M. M.
|
ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis dari penyebab
kegagalan yang terjadi pada sistem Electric Motor-Driven Pump pada pesawat
Boeing 737-800. Data yang digunakan berupa Pilot Report dari maskapai Batik
Air pada periode tahun 2013 sampai dengan 2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Failure Mode and
Effect Criticality Analysis (FMECA). FMECA merupakan sebuah metode yang
digunakan untuk menganalisis penyebab kerusakan suatu sistem/komponen,
beserta efek yang ditimbulkan jika terjadi kerusakan pada sistem/komponen
tersebut. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah mencari data kasus yang
terjadi pada sistem hidrolik (ATA 29) pada maskapai Batik Air, kemudian
melakukan pengolahan data.
Dari hasil analisis didapatkan hasil nilai RPN pada Electric Motor-Driven
Pump tertinggi dikarenakan EMDP tidak dapat menyuplai tekanan ke sistem.
Berdasarkan perhitungan RPN diperoleh nilai RPN sebesar 12. Nilai tersebut
didapatkan dari matriks pada manual standar safety dari Batik Air.
Kata kunci: Electric Motor-Driven Pump, Failure Mode and Effect Criticality
Analysis, sistem hidrolik.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ANGGUN NURUL HIDAYAH |
|
NIM |
: 16050016 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|