ABSTRAK :
Mesin roket Aerojet Rocketdyne RS-68 adalah salah satu mesin roket terbaru yang
digunakan sebagai sistem propulsi roket Delta IV Family yang dioperasikan NASA. Mesin ini
adalah mesin roket dengan propellant cair terbesar di dunia yang saat ini menggunakan
kombinasi fuel-oxidizer LOX-LH2 dalam jumlah besar . Karena membutuhkan konsumsi fueloxidizer
dalam jumlah besar,maka perlu dulakukan analisis terhadap kombinasi fuel-oxidizer
lain sebagai alternatif selain kombinasi fuel-oxidizer yang saat ini sedang digunakan.
Kombinasi fuel-oxidizer yang diuji yaitu LOX-LH2, LOX-RP1, LOX-C2H5OH, LF2-
LH2. Nilai output sebagai indikator performa mesin roket Aerojet Rocketdyne RS-68 yang
dianalisis adalah thrust coefficient,specific impulse,dan effective exhaust velocity yang
dihitung pada setiap ketinggian antara lain kondisi sea level (0 Km),kondisi optimum (
e a P P ),dan kondisi vakum (86 Km). Diantara ketiga performa yang dianalisis
tersebut,dipilih nilai specific impulse sebagai overall performance indicator yaitu specific
impulse merupakan indikator yang menunjukkan performa keseluruhan dari mesin roket.
Proses analisis dilakukan dengan dua metode yaitu metode One Dimensional Equilibrium-
Kinetics (ODE-ODK) sebagai metode manual untuk mencari nilai eksak dan menggunakan
software RPA V1.2 sebagai pembanding. Metode ODE (One Dimensional Equilibrium)
adalah metode untuk menentukan properti ln / ln
T
V P , s , w M , c T dari kombinasi fueloxidizer
yang digunakan sebagai parameter termokimia dan metode ODK (One Dimensional
Kinetics) adalah metode untuk menghitung performa mesin roket.
Berdasarkan hasil analisis performa mesin roket Aerojet Rocketdyne RS-68,urutan
performa specific impulse seluruh kombinasi yang diuji dari tinggi ke rendah adalah
kombinasi LF2-LH2,LOX-LH2,LOX-RP1,LOX-C2H5OH dan untuk persentase perbedaan
performa dari rendah ke tinggi antara hasil perhitungan manual (ODE-ODK) dengan software
RPA V1.2 adalah LF2-LH2,LOX-LH2, LOX-C2H5OH, LOX-RP1.
Kata kunci : RS-68,LOX,LH2,RP1,C2H5OH,LF2,Specific Impulse,Thrust
Coefficient,Effective Exhaust Velocity,ODE-ODK,RPA V1.2
|