© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

TROUBLESHOOT LOSS OF DETECTION BY ENGINE-1 LOOP-A CORE PADA PESAWAT AIRBUS A320-200
Penulis
MUHAMMAD ALPIGI PRATAMA
Pembimbing : Agung Prakoso S.T.,M.Eng. - Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc.

ABSTRAK :
ABSTRAK Fire protection adalah system dimana untuk menjaga, menangani bila terjadinya suatu indikasi kebakaran pada pesawat. Fire protection pada engine terbagi menjadi tiga bagian, yaitu dibagian fan, core, dan pylon. Setiap bagian ini memiliki fungsi yang sama, yang membedakan hanya titik kritikal atau suhu yang diterima. Komponen ini berada pada inti engine atau berada pada daerah luar kompresor dan turbin pada engine. Kegagalan yang terjadi pada engine adalah adanya indikasi kegagalan dengan peringatan alarm pada FDU bahwa terjadi kegagalan pada bagian engine. Terjadinya kegagalan pada fire protection by engine 1 dapat dilihat dengan melakukan identifikasi dan pengetesan. Pengetesan ini menindak lanjuti laporan penemuan kesalahan dan kegagal sistem pada fire protection engine 1. Laporan dari pilot dengan melakukan bite test kemudian terkonfirmasi terjadi kegagalan pada fire protection system by engine 1. Indikasi yang seharusnya FDU tidak ada lampu yang menyala yang berarti serviceable berubah menjadi menyala dengan lampu yang berwarna amber pada engine 1, dan di MCDU terdapat laporan “engine 1 fault”. Ditemukaanya crack pada fire loop A dibagian core. Crack diakibatkan oleh clam yang menyangga fire loop terlepas sehingga fire loop tidak memiliki penyangga sehingga fire loop bergesekan dengan engine component yang mengakibatkan terjadi crack pada fire loop A pada engine 1. Setelah mengetahui permasalahan lakukan troubleshooting menurut prosedur dari TSM dengan nomer reverensi TASK 26-12-00-810-851-A. Upaya menanggulangi permasalahan yang menyebabkan tidak normalnya fire protection system dengan melakukan penggantian pada komponen fire loop-A core by engine 1 sehingga kembali kekondisi yang serviceable. Kata kunci: fire protection, fire protection by engine 1, fire loop-A core ABSTRACT Fire protection is a system in which to maintain, handle when an indication of a fire occurs on an aircraft. Fire protection on the engine is divided into three parts, namely the fan, core, and pylon. Each of these parts has the same function, distinguishing only critical points or accepted temperatures. This component is located at the core of the engine or outside the compressor and turbine in the engine. Failure that occurs in the engine is an indication of failure with an alarm warning to the FDU that there is a failure in the engine part. The failure of fire protection by engine 1 can be seen by identifying and testing. This test follows up on reports of finding errors and system failures on the fire protection engine 1. Report from the pilot by conducting a bite test then confirmed a failure in the fire protection system by engine 1. An indication that there should be no light on the FDU which means the serviceable turns on with an amber light on engine 1, and the MCDU reports “engine 1 fault”. After check in fire protection was faound the crack in fire loop A at the core. Crack is caused by the clam supporting the fire loop to release so that the fire loop has no support so that the fire loop rubs against the engine component which results in a crack in fire loop A on engine 1.After knowing the problem, do troubleshooting according to the procedure from TSM with the reference number TASK 26-12 -00-810-851-A. Efforts to overcome problems that cause the fire protection system to be abnormal by replacing the fire loop-A core by engine 1 component so that it returns to a serviceable condition. Keywords: fire protection, fire protection by engine 1, fire loop-A core


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD ALPIGI PRATAMA
NIM : 17060008
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024